Sabda Hidup: Rabu 16 Juli 2014, Peringatan St. Maria dr Gunung Karmel

Carmel

Warna liturgi Hijau

Bacaan: Yes. 10:5-7,13-16; Mzm. 94:5-6,7-8,9-10,14-15; Mat. 11:25-27. BcO Ayb. 4:1-21

Bacaan Injil: Mat. 11:25-27:
25 Pada waktu itu berkatalah Yesus: “Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. 26 Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. 27 Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.

Renungan:
Suatu hari saya menemukan kepala ayam di meja makan. Dia terletak rapi di kardus ayam goreng. Saya menyantap kepala ayam tersebut. Kejadian itu tidak hanya sekali. Saya berpikir kenapa hal itu sering terjadi. Suatu siang kala ada kiriman ayam goreng Rm Bambang mengatakan, “Rama ini kepalanya buat Rama.” Dari kejadian itu saya jadi sadar bahwa para Rama di Domus menyediakan (bukan menyisakan) kepala ayam tersebut untuk saya. Para Rama mengenal saya suka kepala ayam.

Teman sekomunitas, sekeluarga akan mengenal apa yang dialami oleh rekan atau anggota keluarganya. Mereka kenal apa yang disuka, bahkan mereka mengenali situasi dan kondisi yang dihadapi oleh rekan komunitas atau anggota keluarganya. Duka dan suka menjadi ruang dan cara mereka menyikapi sesamanya.

Yesus bersyukur karena hal-hal seperti itu terbuka pada yang sederhana. Yesus mengenal Bapa, Bapa mengenal Yesus. Maka segalanya diserahkan kepadaNya (bc. Mat 11:27). Pengenalan mengantar orang pada pemberian dengan rela, penyediaan dan penyerahan.

Kontemplasi: Carilah tempat yang tenang. Lihatlah kembali pengenalanmu pada Yesus dan rekan komunitas atau anggota keluargamu.

Refleksi: Tulislah pengenalanmu pada Yesus dan orang-orang di sekitarmu.

Doa: Tuhan aku mohon bantuanMu untuk mampu mengenaliMu dengan baik. Semoga aku pun mampu menangkap apa yang Kaunyatakan dalam hidupku. Amin.

Perutusan: Aku akan memberikan dan menyerahkan diri pada Tuhan yang kukenal.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: