Sabda Hidup: Rabu, 15 Oktober 2014

PERINGATAN  Wajib St. Teresia dari Avila. Warna liturgi Putih Bacaan: Gal. 5:18-25; Mzm. 1:1-2,3,4,6; Luk. 11:42-46, BcO Sir. 15:11-20 Renungan:  Aku tertarik dengan teks Luk 11:42b, “Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.” Spontan terpikir bahwa Yesus mengajari kita untuk multitasking. Ada banyak tugas dan tanggungwab yang bisa dipegang seorang manusia. Ketika kita […]

PERINGATAN  Wajib St. Teresia dari Avila. Warna liturgi Putih

Bacaan: Gal. 5:18-25; Mzm. 1:1-2,3,4,6; Luk. 11:42-46,

BcO Sir. 15:11-20

Renungan: 
Aku tertarik dengan teks Luk 11:42b, “Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.” Spontan terpikir bahwa Yesus mengajari kita untuk multitasking. Ada banyak tugas dan tanggungwab yang bisa dipegang seorang manusia. Ketika kita melakukan salah satu kita tidak boleh terpaku hanya pada hal tersebut lalu melupakan tanggungjawab lainnya.

Kalau berbicara tentang multitasking aku teringat ibu-ibu di desa. Sambil menggendong anaknya ia memasak, menyapu dll. Di tempat lain ada pula orang lagi menerima telpon, menulis pesan sambil sesekali yang mengangguk dan menanggapi diskusi teman-tamanya. Yang satu dia kerjakan, yang lain tak dilupakan.

Salah satu pembelajaran bacaan ini adalah kelapangan hati dan kehendak agar tidak terjebak pada salah satu titik tanggugjawab. Mereka yang mempunyai hobi tentu boleh mengolah hobinya namun juga tidak melupakan tanggungjawab hidupnya.

Kontemplasi:  Duduklah dengan mata terpejam. Rentangkan ingatanmu terhadap kebiasaan melakukan sesuatu tanpa meninggalkan tanggungjawab yang lain.

Refleksi: Hal-hal apa yang perlu kaubuat agar ketika mengerjakan yang satu tak melupakan yang lain?

Doa: Ya Yesus ajarilah kami untuk tidak meninggalkan tanggungjawab kami untuk membela kebenaran dan keadilan. Amin.

Perutusan: Aku akan menjaga kemampuanku untuk menjalankan aneka tanggungjawabku.

Kredit foto: Ilustrasi (Mercer)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply