Sabda Hidup: Minggu 7 Desember 2014, Hari Minggu Adven II

tobat by eileen walsh WARNA liturgi Ungu Bacaan: Yes. 40:1-5,9-11; Mzm. 85:9ab-10,11-12,13-14; 2Ptr. 3:8-14; Mrk. 1:1-8. BcO Yes. 14:1-21 Bacaan Injil Mrk. 1:1-8: 1 Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah. 2 Seperti ada tertulis dalam kitab nabi Yesaya: “Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu; 3 ada suara orang yang berseru-seru di padang […]

tobat by eileen walsh

 WARNA liturgi Ungu

Bacaan: Yes. 40:1-5,9-11; Mzm. 85:9ab-10,11-12,13-14; 2Ptr. 3:8-14; Mrk. 1:1-8.

BcO Yes. 14:1-21

Bacaan Injil Mrk. 1:1-8:
1 Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah. 2 Seperti ada tertulis dalam kitab nabi Yesaya: “Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu; 3 ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya”, 4 demikianlah Yohanes Pembaptis tampil di padang gurun dan menyerukan: “Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu.”

5 Lalu datanglah kepadanya orang-orang dari seluruh daerah Yudea dan semua penduduk Yerusalem, dan sambil mengaku dosanya mereka dibaptis di sungai Yordan. 6 Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan. 7 Inilah yang diberitakannya: “Sesudah aku akan datang Ia yang lebih berkuasa dari padaku; membungkuk dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. 8 Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus.”

Renungan:
Pada masa sekarang ini kehadiran pemimpin akan didahului dengan aneka macam persiapan. Semakin tinggi pimpinan yang akan datang semakin rapi persiapan yang dilakukan. Ada sweeping area, bahkan ada pula yang diminta untuk berjaga-jaga agar area benar benar bersih dari hal-hal yang membahayakan.

Hari ini kita memasuki hari Minggu Adven kedua. Artinya semakin dekat waktu perayaan kehadiran Sang Putra Allah. Yohanes Pembaptis menjadi pribadi yang mempersiapkan segala sesuatu agar jalan yang akan dilaluiNya rata dan lurus. Semua itu bisa terjadi kalau ada pertobatan.

Pertobatan umat manusia menjadi jalan rata dan lurus bagi mereka untuk datang dan sekaligus menyambut kehadiran Sang Putra. Ia akan membaptis kita dengan Roh Kudus. Dan denganNya kita akan mengenal bahasa dan tindakan Allah yang memungkinkan kita menjadi partner keselamatanNya.

Kontemplasi:  Bayangkan ketika dirimu menyambut tamu istimewa dan tamu itu adalah Yesus sendiri.

Refleksi: Persiapan apa yang akan kaulakukan untuk menyambut kehadiranNya?

Doa: Ya Tuhan semoga aku tidak melewatkan kesempatan untuk mempersiapkan diri menyambut PuteraMu. Amin.

Perutusan: Aku akan bersiap meratakan dan meluruskan jalanku bagi kehadiran Sang Putra. -nasp-

Agoeng
komsos kas
“melihat yang tak biasa terlihat”

Kredit foto: Ilustrasi (Eileen Walsh)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply