Sabda Hidup: Minggu, 24 Agustus 2014

Kunci kerajaan surga di tangan Petrus by Vatican comHARI  Minggu Biasa XXI Warna liturgi Hijau Bacaan: Yes. 22:19-23; Mzm. 138:1-2a,2bc-3,6,8bc; Rm. 11:33-36; Mat. 16:13-20. BcO Tit. 1:1-16. Bacaan Injil Mat. 16:13-20: 13 Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: “Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?” 14 Jawab mereka: “Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan […]

Kunci kerajaan surga di tangan Petrus by Vatican com

HARI  Minggu Biasa XXI
Warna liturgi Hijau

Bacaan: Yes. 22:19-23; Mzm. 138:1-2a,2bc-3,6,8bc; Rm. 11:33-36; Mat. 16:13-20.

BcO Tit. 1:1-16.

Bacaan Injil Mat. 16:13-20:
13 Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: “Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?” 14 Jawab mereka: “Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi.” 15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” 16

Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!” 17 Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. 18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.” 20 Lalu Yesus melarang murid-murid-Nya supaya jangan memberitahukan kepada siapapun bahwa Ia Mesias.

Renungan:
Orang bisa dikenal dari wajah, suara juga perilaku dan perkataaannya. Misalnya seseroang bisa menebak siapa yang menelponnya walau hanya mendengar suaranya. Orang lain bisa mengetahui siapa yang sedang berjalan karena langkah kakinya yang khas. Kawan lama mampu mengenali orang dijumpainya karena wajahnya. Yesus setelah bangkit dikenali para muridNya karena perkataanNya.

Ketika ada orang yang tampil dengan kekhasan itu maka orang akan menebak siapa dia (bdk. Mat 16:13-14). Mereka akan menyambungkan dengan orang-orang2 yang telah mereka kenal. Namun bagaimanapun seorang pribadi tetap mempunyai kekhasan, bahkan beda dengan keluarganya. Walau wajahnya sangar seperti bapaknya, namun orang bisa mempunyai hati yang lembut, beda dgn bapakNya.

Pengenalan pribadi yang memungkinkan orang bisa mengenali perbedaan tersebut. Pengenalan pribadi pulalah yang membuat Petrus bisa mengatakan bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah yang hidup (Mat 16:16). Siapakah Yesus bagi anda? Siapakah anda bagi Yesus?

Kontemplasi: Duduklah dengan tenang dan kenalilah siapa dirimu di hadapan Yesus dan siapa Yesus di hadapanmu.

Refleksi: Tulislah hasil kontemplasimu.

Doa: Ya Yesus, aku ingin mengenalMu lebih dalam. Bebaskan aku dari kebutaan untuk mengenalMu dan menempatkan diri di hadapanMu. Amin.

Perutusan: Aku akan mengakui Yesus sebagai Mesias, Anak Allah yang hidup.

Kredit foto: Kunci Kerajaan Surga (Courtesy by Vatican com)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply