Sabda Hidup, Minggu 19 Oktober 2014: KeajaibanMu Menguatkan Harapan

misi evangelisasi

HARI Minggu Biasa XXIX. Hari Minggu Evangelisasi

Warna liturgi Hijau

Bacaan: Yes. 45:1,4-6; Mzm. 96:1,3,4-5,7-8,9-10ac; 1Tes. 1:1-5b; Mat. 22:15-21.

BcO Sir. 26:1-4,9-18

Renungan: 

“Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah” (Mat 22:21).

Ketika membaca ini aku teringat berita tv yang menyiarkan tentang safari politik presiden terpilih Jokowi kepada lawan-lawan politiknya. Kita ingat betapa kerasnya serangan lawan politik kepadanya, juga ke hal-hal yang pribadi banget. Namun ketika terpilih Jokowi berinisiatif menemui mereka. Lalu apa hubungan tindakan ini dengan bacaan yang kuktip tadi?

Saya melihat Jokowi mampu membedakan persoalan pribadi dan kepentingan bangsa. Kalau mementingkan harga diri pribadi, ia bisa saja mencari aneka cara untuk menyingkirkan mereka yang menghinanya kala kedudukan sebagai presiden sah menjadi miliknya. Namun yang dia pilih adalah membela kepentingan bangsa. Karena mengedepankan kepentingan bangsa maka ia pun mengusahakan keteduhan politik demi kebaikan bersama. Hak kaisar dan hak Allah dia berikan secara tepat.

Kita pun bisa belajar memilah dan memilih mana yang menjadi hak kaisar dan hak Allah. Ketika kepentingan yang lebih besar sedang kita perjuangkan kita tidak perlu merasa harus memenuhi keinginan kita, apalagi keinginan balas dendam. Ketentraman, perdamaian, kesejahteraan, kejujuran dan cinta kasih menjadi kunci mereka yang mencintai Allah, sesama dan bangsa, serta pastinya mencintai dirinya.

Kontemplasi: Bayangkan dirimu memilah dan memilih serta mewujudkan hak kaisar dan hak Allah.

Refleksi: Tulislah pengalamanmu ketika harus membela sesuatu walau sebenernya hatimu sakit.

Doa: Tuhan semoga aku tidak menjadi sandungan dan mampu memberikan persembahan diri secara tepat dan benar. Amin.

Perutusan: Aku akan memilah dan memilih tindakan yang tepat dan benar.

Kredit foto: Ilustrasi  (the call of fatima)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: