Sabda Hidup: Kamis, 28 Agustus 2014, Santo Agustinus

Saint_Augustine_PortraitWARNA liturgi Putih Bacaan: 1Kor. 1:1-9; Mzm. 145:2-3,4-5,6-7; Mat. 24:42-51 BcO 1Tim. 2:1-15 Bacaan Injil Mat. 24:42-51: 42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. 43 Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan […]

Saint_Augustine_Portrait

WARNA liturgi Putih

Bacaan: 1Kor. 1:1-9; Mzm. 145:2-3,4-5,6-7; Mat. 24:42-51

BcO 1Tim. 2:1-15

Bacaan Injil Mat. 24:42-51:
42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. 43 Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar.

44 Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.” 45 “Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya? 46 Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang.

47 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya. 48 Akan tetapi apabila hamba itu jahat dan berkata di dalam hatinya: 49 Tuanku tidak datang-datang, lalu ia mulai memukul hamba-hamba lain, dan makan minum bersama-sama pemabuk-pemabuk, 50 maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak disangkakannya, dan pada saat yang tidak diketahuinya, 51 dan akan membunuh dia dan membuat dia senasib dengan orang-orang munafik. Di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.”

Renungan:
Suatu kali saya pulang larut malam dan lupa membawa kunci gerbang. Sempat ada keraguan untuk pulang. Namun kutekatkan pulang. Aku percaya penjaga malam pasti akan menungguku.

Sesampai di tujuan saya melihat sang bapak penjaga malam segera berlari dan membukakan pintu gerbang. Walau mungkin sudah mengantuk, namun kuliat wajahnya cerah dan puas sekali. Inikah yang tersabdakan,

“Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang” (Mat 24:46).

Ya memang benar, kebahagiaan seperti itu bisa kita rasakan. Melakukan pekerjaan yang menjadi tanggungjawab kita adalah kewajiban kita. Namun semua itu akan terasa bernilai kala pemimpin mendapati kita sedang tekun menjalankan tanggungjawab kita. Sebaliknya kita akan jadi sangat sungkan kala pemimpin melihat kita melalaikan tanggungjawab kita.

Sang bapak penjaga tampak gembira bisa membukakan pintu gerbang kala aku datang. Kita pun bisa gembira kala kita ditemui lagi bertekun dengan hidup kita. St. Agustinus yang kita rayakan hari ini pun mengalami kebahagiaan yang tak terkira kala Yesus mendatanginya ia telah siap menyambutNya sebagai pengikut yang setia.

Kontemplasi: Duduklah di salah satu tempat di rumahmu. Perhatikanlah secara teliti tugas perutusanmu sebagai bagian dari rumah tanggamu yang mesti kaujalankan dengan tekun dan gembira.

Refleksi: Apakah anda menjalankan tanggungjawabmu dengan gembira dan tekun.

Doa: Ya Yesus terima kasih atas segala rahmatMu. Semoga aku Kaudapati kala aku bertekun dalam namaMu. Amin.

Perutusan: Aku akan selalu menjaga stamina menjalankan tanggungjawabku.

Kredit foto: Santo Agustinus

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply