Sabda Hidup: Kamis, 25 September 2014

Herodes by Art GalleryBacaan: Pkh. 1:2-11; Mzm. 90:3-4,5-6,12-13,14,17; Luk. 9:7-9. BcO Tb. 6:1-17 Renungan: Membaca bacaan hari ini Injil Luk. 9:7-9, terbayang bagaimana pemimpin seperti Herodes mengalami kecemasan dengan hadirnya Yesus. “Herodes, raja wilayah, mendengar segala yang terjadi itu dan iapun merasa cemas, sebab ada orang yang mengatakan, bahwa Yohanes telah bangkit dari antara orang mati” (Luk 7:7). […]

Herodes by Art Gallery

Bacaan: Pkh. 1:2-11; Mzm. 90:3-4,5-6,12-13,14,17; Luk. 9:7-9.

BcO Tb. 6:1-17

Renungan:
Membaca bacaan hari ini Injil Luk. 9:7-9, terbayang bagaimana pemimpin seperti Herodes mengalami kecemasan dengan hadirnya Yesus. “Herodes, raja wilayah, mendengar segala yang terjadi itu dan iapun merasa cemas, sebab ada orang yang mengatakan, bahwa Yohanes telah bangkit dari antara orang mati” (Luk 7:7). Sosok yang dikira Herodes yang bangkit sungguh mengkhawatirkan. Mungkin dalam hatinya ia khawatir Yohanes akan membalas perlakuannya. Maka ia berusaha mencari tahu siapa orang itu, dan mungkin sebelum sungguh menjadi besar ia bisa melenyapkannya.

Pemimpin yang berlaku tidak adil (kejam, semena-mena, korup dsb) akan selalu khawatir pada hadirnya pribadi lain yang mempunyai kemungkinan menggesernya. Ia akan membuat aneka macam manuver yang bisa menggagalkan kemungkinan pelengseran dirinya demi mengamankan kebobrokannya.

Manuver itu bisa berupa pemecatan-pemecatan tanpa kompromi atau bahkan mengubah konstitusi yang dianggap tidak menguntungkan. Semua itu dilakukan supaya dia selamat dari pembongkaran kebobrokan kepemimpinannya.

Belajar dari bacaan hari ini mari kita waspada pada para pemimpin yang bermental Herodes dan mencegahnya untuk berkuasa.
Kontemplasi: Bayangkan kisah dalam Injil hari ini dan bandingkan dengan sejarah situasi kepemimpinan di negeri kita.

Refleksi: Buatlah daftar para pemimpin negeri ini yang mirip dengan Herodes dan apa yang akan kaulakukan pada mereka?

Doa: Tuhan bebaskanlah para pemimpin kami dari sifat Herodes. Semoga mereka memimpin dengan adil dan jujur. Bebaskanlah negeri kami dari orang-orang yang selalu bersekongkol mengamankan ketidakadilan yang dibuat. Amin.

Perutusan: Aku tidak akan mendukung pemimpin yang tidak adil dan melakukan persekongkolan jahat.

Kredit foto: Ist

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply