Sabda Hidup: Kamis, 02 Oktober 2014

PERINGATAN Wajib Para Malaikat Pelindung Warna liturgi Putih Bacaan: Kel. 23:20-23a; Mzm. 91:1-2,3-4,5-6,10-11; Mat. 18:1-5,10. BcO Ydt. 10:1-5,11-17; 11:1-8,20-23 Bacaan Injil Mat. 18:1-5,10: 1 Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: “Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?” 2 Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka 3 lalu berkata: […]

PERINGATAN Wajib Para Malaikat Pelindung
Warna liturgi Putih

Bacaan: Kel. 23:20-23a; Mzm. 91:1-2,3-4,5-6,10-11; Mat. 18:1-5,10.

BcO Ydt. 10:1-5,11-17; 11:1-8,20-23

Bacaan Injil Mat. 18:1-5,10:
1 Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: “Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?” 2 Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka 3 lalu berkata: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. 4 Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga. 5 Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku.” 10 Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.

Renungan:
Bacaan hari ini sama dengan hari kemarin hanya ditambah ay 10: “Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.” Tambahan ayat ini bagiku bukan sekedar karena hari ini peringatan wajib para malaikat pelindung, namun juga memberikan jawaban mengapa Tuhan Yesus sungguh menghargai dan menjadikan anak-anak sebagai simbol Kerajaan Sorga. Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa.

Anak-anak sungguh berkenan di hati Yesus. Kalau kita baca ay. 6 dan 7 (tidak dibacakan hari ini) kita akan tahu bagaimana Yesus sungguh mencintai anak2. Mereka yang menyesatkan anak-anak layak kalau diikatkan batu kilangan di leher mereka dan ditenggelamkan ke laut.
Rasanya dalam SH hari ini aku cukup mengatakan bahwa kalau kita sungguh mengimani Yesus kita mestinya mencintai anak-anak, tidak meremehkan mereka dan berusaha sedemikian rupa untuk tidak menyesatkan mereka. Kita juga bersyukur bahwa ada malaikat mereka di surga.

Kontemplasi:  Pejamkan matamu. Bayangkan para malaikat di sekeliling anak-anakmu dan lambungkan permohonanmu untuk melindungi anak-anakmu.

Refleksi: Tulislah salah pengalamanmu yang menunjukkan sikap penghargaan pada anak-anak.

Doa: Yesus terima kasih atas cintaMu pada anak-anak. Semoga aku bisa bersikap seperti Engkau. Amin.

Perutusan: Aku tidak akan menganggap rendah anak-anak. –

komsos kas
“melihat yang tak biasa terlihat”

Foto kredit: Ilustrasi (Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply