Sabda Hidup: Jumat 17 Oktober 2014, Pesta Santo Ignatius Antiokia

Ignatius antiokiaPERINGATAN  Wajib St. Ignatius dr Antiokhia Warna liturgi Merah. Bacaan: Ef. 1:11-14; Mzm. 34:2-3,4-5,6-7.8-9; Luk. 12:1-7; BcO Sir. 17:15-32 Renungan:  “Takutilah Dia, yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, takutilah Dia!” (Luk 12:5). Neraka. Banyak lukisan yang menggambarkan tentang neraka. Banyak ajaran yang kita dengar tentang neraka. […]

Ignatius antiokia

PERINGATAN  Wajib St. Ignatius dr Antiokhia

Warna liturgi Merah.

Bacaan: Ef. 1:11-14; Mzm. 34:2-3,4-5,6-7.8-9; Luk. 12:1-7;

BcO Sir. 17:15-32

Renungan: 
“Takutilah Dia, yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, takutilah Dia!” (Luk 12:5).
Neraka. Banyak lukisan yang menggambarkan tentang neraka. Banyak ajaran yang kita dengar tentang neraka. Dan semua itu sering kita dengar kala masih kecil, kala sekolah minggu. Namun apakah ajaran ini hanya untuk menakut-nakuti anak kecil? Tentunya tidak.

Kata neraka mengantar kita pada kesadaran akan kondisi yang sama sekali terpisah dari Allah. Neraka menjadi tempat mereka yang sama sekali menolak Allah dan tidak mau menerima kasihNya. Pada merekalah terjadi kebinasaan permanen. Bila berada di sana tidak akan ada lagi yang mampu mengentaskan kecuali kemurahan Allah sendiri. Namun kemungkinan ini pun hanya Allah yang tahu.

Ada banyak hal yang bisa menghindarkan kita dari neraka, salah satu yang utama adalah takut dan mengasihi Allah sendiri serta yakin akan rencanaNya. Keyakinan akan kasih Allah mewujud pada kepatuhan iman,  kemampuan membebaskan diri dari keputusasaan dan mengandalkan Allah yang selalu mewujudkan harapan kita. Mereka yang percaya pada kasih Allah tidak akan pernah jatuh pada keputusasaan dan bahaya neraka.

Kontemplasi: Pejamkan sejenak matamu. Bayangkan neraka sebagaimana anda pernah mendapatkan pengajaran dari para gurumu.

Refleksi: Bagaimana anda menghidupi iman dan keyakinan akan kasih Allah?

Doa: Tuhan bebaskanlah aku dari neraka. Aku akan terus membangun kepercayaanku pada kasih-Mu. Amin.

Perutusan: Aku akan terus memperkuat harapanku pada kasihNya.

Kredit foto: Ilustrasi Santo Ignatius dari Antokia (Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply