Sabda Hidup: Jumat, 15 Mei 2015

St-Pachomius-Receives-the-SchemaPERINGATAN St. Pakomius warna liturgi Putih Bacaan: Kis. 18:9-18; Mzm. 47:2-3,4-5,6-7; Yoh. 16:20-23a. BcO 1Yoh. 3:1-10 Bacaan Injil Yoh. 16:20-23a. 20 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita. 21 Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia. 22 Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu. 23 Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Renungan: Suatu kali saya mengunjungi dan mendoakan orang yang akan melahirkan. Sudah dua hari ibu itu di RS bersalin namun anaknya tak kunjung keluar. Dokter menyarankan hari itu dilakukan operasi caesar. Ketika datang di tempat itu kulihat keluarga dan tentunya si ibu tampak gelisah. Sang suami pun tampak kusut. Mereka semua resah menunggu kelahiran sang putera. Kami pun berdoa bersama, memohon pertolongan Tuhan dan ketenangan bagi si ibu. Beberapa hari berikutnya saya mengunjunginya lagi. Suasananya sangat berbeda dengan kunjungan pertama. Wajah-wajah mereka tampak cerah dan gembira. Seakan-akan kegalauan yang lalu sudah tidak teringat lagi. Yang ada hanyalah kebahagiaan dan kegembiraan. Beriman pada Kristus sering seperti gambaran diatas. Mungkin awalnya terasa berat namun kebahagiaan akan menghiasi hidup kita ketika kita memilikinya. Rasa syukur dan kebahagiaan menjadi tanda mereka yang mengimani Kristus. Kontemplasi Hadirkan kisah melahirkan. Hadirlah dalam kisah itu. Rasakan kegembiraan setelah anak dilahirkan dengan selamat. Refleksi: Tulislah kegembiraan-kegembiraanmu mengikuti Yesus Kristus. Doa:Tuhan jagailah rasa syukur dan gembiraku karena mengimani PuteraMu. Semoga aku pun mampu membagikan kegembiraan ini pada sesamaku. Amin. Perutusan: Aku akan gembira karena imanku pada Kristus.  

St-Pachomius-Receives-the-Schema

PERINGATAN St. Pakomius

warna liturgi Putih

Bacaan: Kis. 18:9-18; Mzm. 47:2-3,4-5,6-7; Yoh. 16:20-23a.

BcO 1Yoh. 3:1-10

Bacaan Injil Yoh. 16:20-23a.

20 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita. 21 Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia. 22

Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu. 23 Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku.

Renungan:

Suatu kali saya mengunjungi dan mendoakan orang yang akan melahirkan. Sudah dua hari ibu itu di RS bersalin namun anaknya tak kunjung keluar. Dokter menyarankan hari itu dilakukan operasi caesar. Ketika datang di tempat itu kulihat keluarga dan tentunya si ibu tampak gelisah. Sang suami pun tampak kusut. Mereka semua resah menunggu kelahiran sang putera. Kami pun berdoa bersama, memohon pertolongan Tuhan dan ketenangan bagi si ibu.

Beberapa hari berikutnya saya mengunjunginya lagi. Suasananya sangat berbeda dengan kunjungan pertama. Wajah-wajah mereka tampak cerah dan gembira. Seakan-akan kegalauan yang lalu sudah tidak teringat lagi. Yang ada hanyalah kebahagiaan dan kegembiraan.

Beriman pada Kristus sering seperti gambaran diatas. Mungkin awalnya terasa berat namun kebahagiaan akan menghiasi hidup kita ketika kita memilikinya. Rasa syukur dan kebahagiaan menjadi tanda mereka yang mengimani Kristus.

Kontemplasi

Hadirkan kisah melahirkan. Hadirlah dalam kisah itu. Rasakan kegembiraan setelah anak dilahirkan dengan selamat.

Refleksi: Tulislah kegembiraan-kegembiraanmu mengikuti Yesus Kristus.

Doa:Tuhan jagailah rasa syukur dan gembiraku karena mengimani PuteraMu. Semoga aku pun mampu membagikan kegembiraan ini pada sesamaku. Amin.

Perutusan: Aku akan gembira karena imanku pada Kristus.

 

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply