Sabda Hidup: Jumat, 10 Oktober 2014

kuasa jahat by the ignorant fisherman

PESTA Santo Daniel

Warna liturgi Hijau

Bacaan: Gal. 3:7-14; Mzm. 111:1-2,3-4,5-6; Luk. 11:15-26.

BcO Sir. 6:5-37

Renungan:
Tahun ini bangsa kita berada dalam situasi politik yang sangat dinamis, panas dan sangat bergairah. Rangkaian pemilu rakyat: pileg dan pilpres dijalani. Barusan terjadi pemilu pemimpin wakil rakyat yang dilakukan oleh para wakil itu sendiri. Walau hanya ratusan orang di sana suasananya tampak jauh lebih panas daripada pemilu yang dilakukan rakyat. Suasana gaduh memilih ketua DPR dan MPR berbanding terbalik dengan tenangnya rakyat ketika memilih mereka.

Kegaduhan suasana di sana membuat hati penonton (supaya tidak mengklaim atas nama rakyat) pun bertanya-tanya apa yang akan terjadi. Mereka yang panik pun menarik kepercayaannya. Kondisi perekonomian pun tergejolak. Rupiah, index harga saham merosot.

Ketidakutuhan selalu berimbas pada hadirnya kondisi yang tidak baik. Ketidakutuhan bisa membuat runtuh (bdk Luk 11:17-18). Kegaduhan itu sudah selesai. Namun kegaduhan itu bisa berlanjut kala yang diinginkan memang kegaduhan. Namun kala sama-sama punya kesadaran bahwa mereka mewakili rakyat dan rakyat tidak menghendaki kegaduhan itu mereka pun mesti bersatu, bergandengan tangan memperkembangkan bangsa ini, membawa bangsa ini terbebas dari kuasa jahat dan menuju pada bangsa yang sehat dan sejahtera.

Kontemplasi: Bayangkan keadaan tidak rukun dan akibatnya.

Refleksi: Apa sumbangan anda untuk membebaskan diri dari kuasa-kuasa jahat?

Doa: Tuhan bebaskanlah kami dari kuasa jahat, bebaskan pula negeri kami dari pertengkaran-pertengkaran kepentingan pribadi. Sudilah Engkau membebaskan mereka yang dikuasai nafsu setan dan jangan biarkan mereka menjadi penghasut perpecahan.

Perutusan: Aku akan terlibat menjaga dan membebaskan negeriku dari kuasa jahat.

Kredit foto: Ilustrasi (The Ignorant Fisherman)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: