RS RK Charitas Palembang: Boleh Megah, Asal Tetap Melayani Sesama

RS RK Charitas Palembang“WAH, mewah sekali gedungnya ya,” gumam seorang ibu yang berjalan tak jauh dari saya sambil mengamati setiap ruangan dalam gedung. Ketika masuk ke dalam auditorium, ia kembali terpana. Sambil menggelengkan kepala, ia berucap, ”Ini rumah sakit kan? Tapi seperti bukan rumah sakit. Bagus sekali”. Begitulah salah satu bentuk ungkapan kekaguman seseorang akan mewahnya Gedung Rawat […]

RS RK Charitas Palembang

WAH, mewah sekali gedungnya ya,” gumam seorang ibu yang berjalan tak jauh dari saya sambil mengamati setiap ruangan dalam gedung. Ketika masuk ke dalam auditorium, ia kembali terpana.

Sambil menggelengkan kepala, ia berucap, ”Ini rumah sakit kan? Tapi seperti bukan rumah sakit. Bagus sekali”.

Begitulah salah satu bentuk ungkapan kekaguman seseorang akan mewahnya Gedung Rawat jalan Rumah Sakit RK Charitas yang baru diberkati dan diresmikan Jumat (8/8) lalu. (Baca juga:  RS RK Charitas Palembang dengan Gedung Baru untuk Topang Kesehatan Masyarakat)

Wajar saja
Wajar mewah. Mengapa? Karena jarang ada rumah sakit yang menyediakan ruang auditorium full karpet dengan belasan lampu sorot yang langsung menyorot ke arah panggung layaknya tempat pertunjukan opera. Bukan hanya itu, masih banyak terobosan baru telah disiapkan oleh RS RK Charitas dalam gedung hijau berlantai 9 yang kini telah berdiri kokoh.

  • Lantai dasar (basement) digunakan sebagai kantor rekam medik dan lapangan parkir. Layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), farmasi, laboratorium, radiologi, CT Scan, kamar operasi cito, commercial bank dan ATM center diletakkan di lantai satu. Hal ini memudahkan pasien dalam mendapatkan pelayanan medis yang lumrah diberikan.
  • Beranjak ke lantai dua, ada dua alternatif, yaitu bisa menggunakan tangga atau lift. Di lantai ini terdapat klinik anak yang dilengkapi dengan berbagai mainan untuk mendukung tumbuh kembang anak. Ada juga Klinik Kebidanan, Klinik Umum dan Ruang Senam bagi ibu hamil. Singkatnya, lantai dua dikhususkan untuk pelayanan ibu dan anak.
  • Lantai tiga digunakan untuk layanan medical chek up, klinik jantung, USG, treadmill dan Electrocardiography (ECG). Kemudian lanjut ke lantai empat. Di lantai ini terdapat Klinik Syaraf, Klinik Penyakit Dalam, Klinik Paru-paru, Klinik Endokrin, Klinik Voluntary Counseling Test (VCT), Klinik Directly Observed Therapy (DOT), Klinik Jantung, Klinik Psikiater dan Klinik Psikologi.

Reciki air suci: Bapak Uskup Agung Keuskupan Palembang Mgr. Aloysius Sudarso SCJ berkenan memberkati RS Charitas Palembang dengan recikan air suci. (Dok. Komisi Komsos Keuskupan Palembang)

  • Untuk lantai lima dikhususkan bagi pasien yang harus mendapatkan pelayanan bedah. Di sini terdapat Klinik Bedah Umum, Klinik Bedah Urologi (saluran kemih), Klinik Bedah Anak, Klinik Bedah Plastik, Klinik Bedah Syaraf, Klinik Bedah Digestif (saluran cerna), Klinik Bedah Tumor, Klinik Bedah Ortopedi (tulang) dan Klinik Bedah Mata.
  • Selanjutnya lantai enam yang disediakan bagi pasien yang mengalami masalah seperti pada gigi, THT, mulut, kulit. Di sini ada Klinik Gigi, Klinik THT, Klinik Bedah Mulut, Skin Care, Klinik Olahraga serta Klinik Kecantikan.
  • Beranjak ke lantai tujuh yang digunakan sebagai layanan fitness center, ruang meditasi, perpustakaan, ruang tunggu dokter dan ruang penyuluhan/edukasi. Kemudian lantai delapan digunakan sebagai perkantoran. Ada kantor yayasan, kantor direktur utama, direktur, sekretariat, komite mutu, komite medik dan ruang pertemuan. Selanjutnya lantai sembilan yang digunakan sebagai lapangan helly port. Di setiap lantai juga ada tempat parkir untuk mobil.

Salah satu ruangan: Pastor Nico SCJ juga memberkati salah satu ruangan Rumah Sakit RK Charitas dengan recikan air suci. (Dok. Komisi Komsos Keuskupan Agung Palembang)

 

Kredit foto: Dok. Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Agung Palembang.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply