Pekan III Paskah: Kis 8:26-40; Mzm 66:8-9.16-17.20; Yoh 6:44-51

AKULAH roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.” (Yohanes 6:51)

Kita masih melanjutkan permenungan tentang Roti Hidup, yakni Yesus Kristus sendiri. Roti itu tidak terbuat dari butir-butir gandum melainkan dari pribadi Yesus sendiri, seutuhnya! Secara jelas dan tegas dikatakan-Nya: “roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.”
Yesuslah Sang Sabda yang menjadi daging manusiawi bagi kita agar kita manusia mendapatkan keilahian.

Fakta ini sangat istimewa dan penuh dengan misteri keselamatan. Misteri itu tersingkap secara transparan dan jelas dalam penyerahan-Nya kepada kita! Dia menyerahkan tubuh dan darah-Nya sebagai makanan dan minuman rohani kita.

Dalam semuanya itu menjadi jelaslah kasih, persahabatan dan keselamatan yang ditawarkan Tuhan kepada kita! Dengan menawarkan diri-Nya sebagai Roti Hidup, Yesus hendak mempertegas relasi kasih, persahabatan dan hidup baru bagi kita.

Relasi itu tak hanya lahiriah tetapi juga batiniah; tak hanya jasmaniah melainkan rohaniah pula. Yesus memberikan tubuh-Nya sebagai makanan kita dan darah-Nya sebagai minuman kita. Daging kita yang lemah disucikan oleh daging-Nya yang kudus dan mulia.

Roti Hidup adalah tanda dan sarana kehadiran-Nya yang mengasihi kita. Kita pun diundang untuk merasakan serta mengalami kehadiran-Nya melalui Perayaan Ekaristi dan Adorasi Ekaristi, bahkan Adorasi Ekaristi Abadi. Dalam Adorasi Ekaristi Abadi kita rasakan kasih, persahabatan dan keselamatan yang senantiasa Dia tawarkan kepada kita.

Tuhan Yesus Kristus, syukur atas Roti Hidup, yakni Tubuh dan Darah-Mu yang kudus dan mulia. Semoga kami setia menyambut dan menyembah-Mu, kini dan selamanya. Amin.

Photo credit: Ilustrasi (Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.