Retret Mahasiswa Katolik Lintas PTN Juga Bahas Hidup Berbangsa dan Bernegara

TAHUN 2013 lalu sukses berlangsunglah Retret Perdana Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Sukses tahun lalu mengantar tahun ini KMK UI, IPB, ITB berani kembali menggelar acara terbesarnya dalam kepengurusan tahun ini: Retret Bersama Keluarga Mahasiswa Katolik. Retret tahun 2014 ini diadakan di Wisma Kompas […]

TAHUN 2013 lalu sukses berlangsunglah Retret Perdana Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Sukses tahun lalu mengantar tahun ini KMK UI, IPB, ITB berani kembali menggelar acara terbesarnya dalam kepengurusan tahun ini: Retret Bersama Keluarga Mahasiswa Katolik.

Retret tahun 2014 ini diadakan di Wisma Kompas Gramedia, Cipanas, Jawa Barat, tanggal 14-16 November 2014 lalu. Selain itu, retret kali ini didampingi khusus oleh romo- romo mahasiswa antara lain: Romo Ignatius Ismartono SJ, Romo Markus Yumartana SJ, serta Romo Managamtua Simbolon SJ.

Di sisi lain, ada suatu hal yang membuat acara ini menjadi lebih menarik karena hanya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diperkenankan untuk mengikuti perhelatan akbar tahunan ini. Hal ini memang sudah ditetapkan dari tahun kemarin ketika acara ini dimulai, karena dinilai kaum muda yang berkuliah di PTN memiliki nasib yang sama dalam kampusnya, yaitu menjadi minoritas.

Berangkat dari minoritas, maka tercetuslah ide untuk menyatukan KMK di Indonesia melalui sebuah jaringan yang diharapkan ke depannya dapat berkolaborasi satu sama lain untuk membangun Indonesia. Walaupun menjadi minoritas, tidak sedikit kaum muda yang tergabung dalam retret ini merupakan garam bagi kampusnya.

Delegasi Jakarta, Jabar, Jateng dan DIY
Retret Bersama Keluarga Mahasiswa Katolik ini bisa mempertemukan KMK lintas PTN se-Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, serta Jawa Tengah dan sekitarnya. Terdapat delapan dari sepuluh PTN undangan yang tergabung dalam Retret kali ini yaitu Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Sebelas Maret (UNS).

retret mahasiswa katolik

Tiga imam jesuit menjadi pembimbing retret untuk para mahasiswa katolik lintas perguruan tinggi negeri.

Acara ini dibuka dengan berbagai games perkenalan dari setiap delegasi yang bertujuan untuk mengakrabkan para delegasi satu dengan yang lain.

Di Wismas Kompas Gramedia inilah, iman para delegasi keluarga mahasiswa katolik dibina dalam bentuk sesi yang dibawakan oleh beberapa romo mahasiswa andal, serta dinamika kelompok maupun personal dan tak lupa refleksi pribadi.

Bersatu hati, berkarya untuk negeri

Retret Bersama Keluarga lintas PTN yang berfokus di Jawa Barat dan Jawa Tengah sekitarnya ini mengusung tema yaitu “Bersatu Hati, Berkarya Untuk Negeri.”

Tema ini dinilai cukup kuat untuk diperkenalkan serta ditanamkan kepada para delegasi untuk bersama menyatukan semangat dalam membangun negeri di masa depan.

romo ismartono romo yumartono romo managam

Dari ki-ka: Romo Yumartana SJ, Romo Ismartono SJ, Romo Managam SJ dan penulis.

Retret ini merupakan salah satu sarana untuk mengembangkan iman katolik, serta berjejaring untuk berkolaborasi di masa depan membangun Indonesia. Hal yang berkesan lainnya ditemukan pada acara puncak retret yang sungguh menyentuh hati yaitu pada saat setiap pribadi mengucapkan janji/komitmen mereka di depan bendera Sang Merah Putih untuk berkarya bagi negeri Indonesia.

Dengan komitmen yang beragam, membuat acara ini semakin memiliki nilai plus, karena setiap pribadi yang mempunyai latar belakang kampus, jurusan, angkatan, passion dan sebagainya dipertemukan dalam retret ini yang dapat berkolaborasi bersama untuk membangun tanah air tercinta, Indonesia di masa depan.

Dwijay, salah satu delegasi dari IPB mengutarakan bahwa Retret yang ia ikuti kali ini merupakan salah satu sarana untuk berkenalan dengan KMK lintas PTN “Retretnya seru banget, materi yang disampaikan Romonya pas dan sesuai dengan kondisi mahasiswa pada saat ini. Selain itu tema yang diusung juga sangat menarik, dimana setiap mahasiswa katolik ini berasal dari latar belakang yang berbeda, jika semua bekerja dan berkarya dengan hati sesuai bidangnya, pasti Indonesia dapat lebih maju.”

Hal lain disampaikan oleh salah satu delegasi lainnya “Retret yang kuikuti kemarin beda dengan retret yang pernah kuikuti. Biasanya kan retret lebih banyak dipegang oleh Romo dan tidak menyinggung masalah negara gitu, dan kali ini berbeda” ujar Lando, salah satu delegasi dari Universitas Padjajaran.

retret mahasiswa 1

Membina jalur keakraban dan komunikasi antar mahasiswa katolik lintas perguruan tinggi negeri katolik melalui forum retret bersama.

retret mahasiswa 3

Para mahasiswa katolik lintas perguruan tinggi dipersatukan dalam semangat iman membangun diri, negeri dan bangsa melalui program retret lintas PTN.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply