Retret KMK Gunadarma 2015

IMG_3355

PADA tanggal 13-15 Juli 2015 lalu, Keluarga Mahasiswa Katolik Gunadarma merajut pengalaman kebersamaan dan pelajaran berharga baru, mengadakan retret di Rumah Retret SVD Tugu Wacana, Cisarua. Retret kali ini mengambil tema “Heal Our Generation” dengan dua pembicara yaitu Ka Deo dan Romo Ignatius Swasono SJ.

Kegiatan retret ini terdiri dari 5 sesi. Sesi pertama mengenai “This is Retret” yang membahas mengenai perkenalan awal mengenai retret. Mengajak peserta lebih mengetahui apa pengertian, maksud dan tujuan dari retret sendiri. Sesi kedua adalah “Redemption and Rise Your Confiction” yang membahas mengenai penyelamatan Tuhan yang telah terjadi di diri kita.

Kemudian sesi ketga “Heal Our Generation” sesi ini membahas lebih dalam mengenai tema umum dari retret ini yang bertujuan agar kita lebih mendalami akan cinta kasih Allah yang begitu besar karena cinta kasih Allah itu yang akan menyembuhkan kita.

Berlanjut ke sesi keempat yaitu “Katolisitas”, setelah kita menyadari akan dosa dan kesalahan kita dan merasa telah disembuhkan maka sesi ini mengajari kita arti dari Katolik itu sendiri. Kemudian belanjut ke sesi kelima yaitu “Gaudium Evangelii”. Dalam sesi ini peserta dibawa kepada kegembiraan dalam mengikuti Kristus setelah karya penyelamatannya pada kita.

Selain sesi-sesi dalam acara retret ini terdapat dinamika kelompok, pujian dan games yang membuat peserta lebih akrab satu dengan lainnya. Pada hari kedua diberikan kesempatan bagi teman-teman peserta untuk pengakuan dosa dan konseling. Hari kedua pun ditutup dengan pelepasan lampion yang ditempeli kertas berisi harapan-harapan peserta.

page
Retret untuk mahasiswa-mahasiswi katolik Universitas Gunadarma di Cisarua, Kab. Bogor. (Ist)

Di hari terakhir ada outdoor games yang membawa kegembiraan semua yang hadir, yang tentunya dibawa dalam makna untuk kegembiraan dalam mengikuti Kristus. Seluruh rangkaian kegiatan retret 2015 ini pun ditutup dengan adanya misa perutusan oleh Romo Swa.

Peserta pun tidak pulang dengan suatu yang sia-sia. Karena kami membawa sesuatu yaitu pelajaran, kesan, teman, kegembiraan, dsb. Kami pun merasa menjadi manusia baru serta siap melayani dengan lebih baik lagi.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: