Renungan Petang: Arwah

makam3SELAMAT  sore saudara-saudari seiman. Semoga di sore ini, kita mengalami kegembiraan bersama keluarga dan orang terdekat. Hari ini, Gereja Katolik memperingati arwah umat beriman. Jika berbicara soal arwah, maka kita berbicara substansi yang tak terlihat. Dulu ketika misa, ada seorang yang mempunyai indra keenam mengatakan demikian, “Romo, waktu konsekrasi tubuh dan darah Kristus dalam Ekaristi, […]

makam3

SELAMAT  sore saudara-saudari seiman.

Semoga di sore ini, kita mengalami kegembiraan bersama keluarga dan orang terdekat.

Hari ini, Gereja Katolik memperingati arwah umat beriman. Jika berbicara soal arwah, maka kita berbicara substansi yang tak terlihat.

Dulu ketika misa, ada seorang yang mempunyai indra keenam mengatakan demikian, “Romo, waktu konsekrasi tubuh dan darah Kristus dalam Ekaristi, ada banyak roh di sekitar altar mau menggapai tubuh dan Kristus”.

Spontan saya merinding ketika ia mengatakan demikian. Saya menyadari roh itu ada. Sebab teologi kematian kita, hidup hanya diubah. Hanya badan yang mati. Kata orang, indra yang paling sensitif dengan roh adalah kulit. Sehingga banyak orang merasa merinding, bulu kuduk berdiri, karena kita tidak bisa melihat roh.

Ada dua jenis roh

  • Roh yang bahagia adalah roh yang bergembira karena namanya disebut dalam doa-doa dan Ekaristi arwah. Mereka dibantu dalam penyucian dalam doa-doa.
  • Roh yang tidak jelas adalah roh yang tidak dikenal identitasnya sehingga jarang didoakan. Akibatnya, ia hanya berkelana di dunia. Ternyata, manusia lebih jahat daripada roh. Sebab, manusia memanfaatkan roh yang tidak jelas untuk berbuat jahat, contoh: santet, guna-guna.

Manusia seharusnya tidak memanfaatkan roh, melainkan membantu roh untuk mengalami kedamaian. Gereja Katolik secara khusus mengintensikan para arwah pada bulan November dengan maksud membantu para arwah menghadap pada penyucian. Para arwah pun anggota Gereja Katolik yang telah meninggal. Tugas kita sebagai Gereja yang hidup adalah mendoakan semua arwah umat beriman (apa pun).

Semoga melalui doa-doa kita, para arwah umat beriman mengalami kedamaian dalam Nama Tuhan Yesus Kristus.

Feel free untuk mendoakan para arwah umat beriman.

Kredit foto: Suasana makam di sebuah pekuburan umum di jantung kotan Melbourne, Australia (Mathias Hariyadi)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply