raja ampat 1

KAWASAN wisata bahari Raja Ampat di Propinsi Papua Barat memang indah. Namun indahnya kawasan bahari Raja Ampat ini memang tidak ‘biasa’. Kalau hanya menyusuri kawasan perairan, maka keindahan Raja Ampat akan tergambar pada hamparan laut luas dengan gugusan bukit-bukit karang.

Satu jam meninggalkan Pelabuhan Waisai, pintu utama menuju Raja Ampat dari Sorong dengan moda transportasi laut, maka pemandangan hamparan perbukitan cadas dengan sedikit tetumbuhan liar di atasnya akan memukau mata wisatawan. Ketika kapal wisata kami melabuhkan jangkarnya di kawasan indah ini, kami mendapat kesempatan untuk ‘turun darat’ dan berfoto-foto ria.

Namun sebenarnya, indahnya Raja Ampat tidak hanya berhenti di situ saja. Melainkan, lebih-lebih di dasar laut dan panorama alam dari atas. Sayang, pada kesempatan menjelajah ke Raja Ampat beberapa pekan lalu, kesempatan indah itu tidak ada. Waktu jualah yang membuat kami mengurungkan trip melintasi kawasan indah ini, selain tentu saja bujet yang pas-pasan.

Di Raja Ampat, ikan-ikan kecil bersorak-sorai di perairan dangkal. Sesekali muncul juga hiu kecil atau ikan jenis lain. Ini pemandangan sangat tidak biasa untuk para wisatawan: selain jernih airnya, ribuan ikan bersliweran sana-sini tak lebih dari dua meter dari ujung mata kita.

Andaikan kita nyemplung ke laut dan berenang tak jauh dari kerumunan ikan ini, tentu saja pemandangan menyaksikan ribuan ikan-ikan kecil di depan mata ini sungguh tak terbayangkan indahnya.

Sekali lagi, indahnya Raja Ampat justru terletak di bawah perairan laut dan panorama alam bila dilihat dari atas.

Tautan: Menjadi Kaya Sehari di Raja Ampat (1)

 

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.