Rabu 14.2.18, Mat 6:1-6,16-18: Beragama dan Beriman

Ilustrasi: Masa Prapaskah (Ist)

HARI ini kita nemasuki Masa Prapaskah. Masa untuk berpuasa dan berpantang. Masa gladi rohani. Masa ‘Retret Agung’ selama 40 hari.

Dalam Masa Prapaskah yang diawali pada hari Rabu Abu ini kita diingatkan akan tiga kewajiban sebagai orang beragama.

Orang beragama wajib bersedekah. Bersedekah adalah wujud dari sikap belarasa. Orang beragama mestinya mempunyai kepekaan terhadap sesama, lebih lebih mereka yang lemah, kecil, menderita dan difabel. Tindakan untuk bersedekah didasari oleh ketulusan hati bukan motif untuk mencari popularitas. Maka Yesus bersabda: “hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi.Orang beragama wajib berdoa. Berdoa kepada Allah menjadi kewajiban bagi kita. Isi dari doa kita adalah bersyukur atas kasih Allah yang begitu besar yang telah dianugerahkan kepada kita. Begitu banyak berkat yang telah Tuhan berikan kepada kita secara cuma cuma.Orang beragama wajib untuk berpuasa. Puasa bukan sekedar mengurangi makan dan minum. Tetapi puasa sebagai wujud dari sikap mati raga untuk mengendalikan diri dari keinginan keinginan yang tidak teratur. Tidak ada gunanya orang berpuasa tetapi membenci saudaranya. Tidak ada artinya berpuasa kalau kita marah marah. Tidak ada artinya berpuasa kalau kita bermalas malasan.

Maka pada Masa Prapaskah ini, kita usahakan tiga kewajiban sebagai orang beragama menjadi sikap iman kita. Jangan sampai kita mempunyai agama tetapi tidak nempunyai iman.

Maka jadikan tiga kewajiban beragama itu sebagai keutamaan yang terus kita bangun dalam hidup kita.

Tuhan memberkati sedekah, doa dan puasa [email protected]

Romo Andrianus Maradiyo Pr Imam diosesan KAS asal Paroki St. Stanislaus Girisonta, sekarang berpastoral di Paroki St. Perawan Maria Bunda Kristus Wedi – Klaten.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply