Puncta, 20.05.18 Hari Raya Pentakosta: Mereka Mulai Berkata-kata

WAKTU berpastoral di Kalimantan, saya sering disuguhi air putih bening yang bikin orang pandai berkata-kata. Orang menyebutnya ‘air kata-kata’. Itu karena setelah minum air itu, seluruh kata-kata meluncur dengan derasnya tanpa bisa dikontrol.

Itulah yang namanya arak. Tentu bukan karena itulah para murid Yesus mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, tetapi karena diilhamkan Roh Kudus kepada mereka.

Yesus telah menjanjikan kepada para murid, “Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku”.

Roh Kudus itulah yang dicurahkan ke atas para murid. Makna dari pencurahan Roh Kudus adalah diutus bersaksi. Roh Kudus atau Roh Penghibur (Parakletos) adalah sahabat yang menemani para murid berani bersaksi.

Roh itu juga akan memimpin kita kepada seluruh kebenaran.

Apa itu kebenaran? Yaitu bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya yang tunggal untuk menebus manusia. Kita diajak mengikuti jalan kebenaran itu. Roh Kudus akan membimbing kita pada kebenaran itu. Kita yang sudah dibaptis punya tugas menjadi saksi Kristus.

Pesta Pentakosta mengingatkan kita untuk berani bersaksi tentang kebenaran. Selamat merenungkan. Tuhan memberkati.

Selamat Hari Raya Pentakosta.

Romo A. Joko Purwanto Pr Imam diosesan KAS yang pernah berkarya di Keuskupan Ketapang, Kalbar.

Sumber: Sesawi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.