Promosi Gratis

Ayat bacaan: Kisah Para Rasul 22:15
=========================
“Sebab engkau harus menjadi saksi-Nya terhadap semua orang tentang apa yang kaulihat dan yang kaudengar.”

promosi gratis


Tahun 1996 saya pernah menjalankan bisnis wartel di kota kelahiran saya. Pada waktu itu wartel sedang marak, dan di sekitar saya ada sekitar 5 wartel yang telah lebih dulu berdiri dan sukses. Ketika baru berjalan saya disarankan beberapa teman untuk promosi di koran, majalah lokal dan lain-lain agar wartel saya bisa bersaing. Tapi karena modal sudah terkuras untuk pendirian, saya pun tidak sanggup untuk melakukan promosi di media cetak secara rutin. Pada waktu itu saya memutuskan untuk lebih fokus pada pelayanan dan kepuasan pelanggan. Pegawai-pegawai saya diharuskan untuk bersikap ramah, menyapa orang yang datang dengan sikap bersahabat. Saya sendiri setahun pertama terjun langsung, bahkan hingga membukakan pintu kamar telepon sampai membantu parkir. Karena saya juga ikut membantu parkir, tidak jarang saya ngobrol dengan supir taksi atau tukang becak yang kebetulan mengantar orang untuk menelepon ke wartel. Terkadang ada tukang becak yang kelihatan sangat lelah setelah bekerja di bawah terik matahari, mereka saya beri air minum tanpa diminta. Yang terjadi? ternyata bentuk keramahan dan kepedulian seperti itu berdampak positif bagi wartel saya. Promosi sukarela dari mulut ke mulut pun terjadi dari para pelanggan dan pengantar. Dari ngobrol dengan pelanggan, ketahuan bahwa mayoritas dari mereka digiring datang ke wartel karena rekomendasi teman, saudara, atau malah dibawa langsung kesana oleh supir taksi dan tukang becak, meskipun dari lokasi yang lumayan jauh dari posisi wartel saya. Untuk menuju ke sana, mungkin mereka sudah melewati puluhan wartel lainnya. Ada beberapa yang datang dari pinggiran luar kota, hanya karena mereka ingin mendapatkan pelayanan ramah. Di beberapa tempat katanya, hanya karena penampilan mereka tidak mewah, mereka seringkali diminta menyudahi teleponnya ketika mereka masih berbicara. Bentuk promosi sukarela yang gratis ini ternyata potensial. Dalam waktu singkat wartel saya menjadi laris, bukan saja di sekitar daerah saya, tapi juga terbaik di kota. Saya pun tiga kali menyabet wartel terbaik sekota.

Dalam menjalankan bisnis di masa kini, tidak cukup hanya dengan menawarkan produk bagus dan promosi gencar di media massa, atau punya penjual yang pintar, tapi pelayanan ekstra seperti keramahan, pelayanan pasca beli yang berkesan dan bisa menyentuh hati pelanggan juga sangat dibutuhkan. Seringkali mereka akan dengan sukarela jadi “sales promotion” kita dengan biaya yang relatif rendah, bahkan gratis, hanya karena mereka terkesan dan puas. Promosi seperti ini tingkat efektifitasnya ternyata sangat tinggi, karena orang akan lebih percaya pada omongan sesama pelanggan daripada promosi gencar seorang salesman.

Teman, ketika kita sudah merasakan kasih Yesus, ketika kita telah disentuh dan diubahkan, ketika kita mengalami pemulihan dan menyaksikan langsung mukjizatNya, ketika kita telah membuktikan sendiri bahwa berjalan bersama Yesus membuat hidup jauh lebih indah, ketika kita telah merasakan bahwa selalu ada pengharapan dan rencana yang ajaib dalam hidup kita, dan jaminan keselamatan kekal hanya dalam namaNya, sudah seharusnya kita pun melakukan promosi sukarela ala “word of mouth” promotion seperti diatas. Jadilah saksi-saksi Kristus, dan kabarkan pada orang bagaimana kuasa dan kasih setia Allah menopang hidup kita.

Lewat perkataan, tindakan dan perbuatan kita orang lain dapat mengenal Yesus

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply