Program Cinta Rawat Lingkungan bersama Komisi Kepemudaan KMS dan CI Sorong

lingkungan manokwari12MAKODIM, 14 Februari 2016,  berlangsunglah acara sarasehan tentang “Pendidikan Pelestarian Lingkungan Hidup (Edukasi Ekologis) yang diprakarsai oleh Komisi Kepemudaan Keuskupan Manokwari Sorong. Acara ini bertema “Menjaga Bumi, Rumah Kita Bersama”.

Siang itu, dengan semangat sekitar 130 orang muda katolik dari berbagai paroki Se-TPW Manokwari dan sekolah katolik berkumpul di Makodim 1703 Manokwari. Seragam kaos berwarna  pink muda, pink tua, biru muda dan hijau muda yang mereka kenakan mengambarkan indahnya keanekaragaman ciptaan Tuhan yang ada di muka bumi. Lewat berbagai bentuk kegiatan mereka pun larut dalam kebersamaan. Acara yang berlangsung hampir 5 jam ini dikemas dalam bentuk ceramah, games, kuis, dan diskusi kelompok.

Ceramah CI Sorong

Pastor Josep L. Sena Pr dari Paroki St. Maria Bintang Laut – Doom Sorong dan juga Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Manokwari-Sorong (KMS) mengatakan: “Bertepatan dengan Hari Valentine ini agar perayaan sosial-masyarakat ala anak muda tidak hanya dititikberatkan  pada kecintaan terhadap sesama manusia, akan tetapi kasih sayang itu perlu diwujudkan kepada alam sekitarnya yakni lingkungan hidup.“

lingkungan manokwari bDengan gerak dan lagu, para OMK Manokwari diajak mencintai bumi dan segala isinya serta merawatnya dengan tanggungjawab.

Menurut Wida S bersama timnya yang jumlah lima orang, program sarasehan ini bisa berjalan dengan baik berkat ada kerjasama antara CI dengan Komisi Kepemudaan – KMS di Sorong. Ditambahkan juga, acara yang sama juga sudah dilaksanakan di Sorong dan dihadiri sekitar 200 orang.

Wida S dari Raja Ampat Communication & Outreach Coordinator Conservation International (CI) Sorong mengatakan,  “Tujuan acara ini adalah ingin menjagak sebanyak mungkin orang untuk sadar akan kelestarian alamny dan menjaga alamnya. Sasarannya siapa saja yaitu anak SD, SMP, SMA, hingga orang dewasa.”

Ia berharap , dengan diselenggarakannya acara ini maka para muda mudi katolik yang ada di Manokwari khususnya bisa menjadi penggerak untuk menjaga kelestarian alam. Mereka juga berharap bisa  menanamkan hal-hal yang sederhana dengan cara membuang sampah yang tepat dan benar melalui gerakan membersihkan sampah. Tim ini bertugas untuk memberikan penyadaran kepada mereka tentang bagaimana menjaga lingkungan dan alam.

lingkungan manokwari cOMK Manokwari diajak mencintai lingkungan dan memelihara bumi, tempat hidup bersama.

Satu hal yang menarik dalam kegiatan yang  dipandu oleh salah satu anggota tim dari CI Sorong ini yaitu menulis satu janji yang akan dilakukan untuk pelestarian alam. Ungkapan janji ini tertuang dalam secarik daun kertas berwarna warni yang akan menjadi aksi yang diperbuat dalam merawat bumi, terutama Manokwari (Kota Injil) dan merupakan Ibukota Provinsi Konservasi.

Pemberian hadiah oleh Romo Harsono, Pastor Paroki St. Agustinus,Manokwari, dilakukan kepada perwakilan dari masing kelompok menutup acara ini. Namun kegembiaraan ini belum berakhir karena pembagian isi hadiah justru nambah kecerian orang muda ini.

Bumi itu seperti rumah kita, dirawat dengan cinta, ditata dengan sesuai peruntukannya, agar nyaman dihuni.

lingkungan manokwari dMenyatakan komitmen untuk menjaga dan memelihara lingkungan hidup.

Sumber: Sesawi.net

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.