Program Beasiswa Pemapan dari Yayasan Bhumiksara

0
3

logo bhumiksara 2

YAYASAN BHUMIKSARA yang berkedudukan di Jakarta tahun ini kembali membuka Program Beasiswa untuk jenjang S-1. Namun berbeda dari program beasiswa tahun 2005 menyangkut soal jumlah dan wilayah jangkauan persebarannya, tahun ini dengan berbagai  pertimbangan Yayasan Bhumiksara  hanya membuka kesempatan beasiswa untuk angkatan pertama tahun 2012 sebanyak 10 orang saja.

Beasiswa untuk 10 orang ini pun dibatasi hanya di 5 perguruan tinggi negeri yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Airlangga (UNAIR). Untuk masing-masing PT tersebut tersedia beasiswa hanya untuk 2 orang saja.

Pada tahun 2013 juga akan hanya diberikan beasiswa untuk 10 orang saja di lima PT tersebut. Untuk tahun 2014 dan 2015, hanya tersedia beasiswa untuk 9 penerima.

Pemapan

Program Beasiswa Pemapan (Pemimpin Masa Depan) bertujuan mempersiapkan para pemimpin muda yang unggul dalam kompetensi, berbela rasa, dan teguh dalam spiritualitas Kristiani.  Berbagai kompetensi yang diharapkan terbentuk dari calon penerima beasiswa Bhumiksara 2012 meliputi:

  • Punya jiwa kepemimpinan;
  • Memiliki kepedulian sosial;
  • Mampu menjalin hubungan dengan semua kalangan;
  • Bersemangatkan spiritualitas Kristiani.

Peserta program Beasiswa Bhumiksara “Pemapan” akan menerima beasiswa dalam bentuk sebagai berikut:

  • Bantuan dana pendidikan sebesar Rp 6.000.000 (enam juta rupiah) per semester;
  • Bantuan dana diberikan selama 8 (delapan) semester;
  • Catatan  penting: penerima beasiswa  harus memenuhi persyaratan pada tiap semester mencakup:

(a)    nilai indeks prestasi akademik tiap semester minimal 3.00;

(b)    memenuhi standar penilaian dalam program pendampingan yang wajib diikuti, seperti terlibat dalam minimal dua kegiatan sosial yang dilaksanakan di dalam atau di luar kampus.

poster beasiswa finProgram pendampingan

Selain dana pendidikan, penerima beasiswa juga akan mendapat program pendampingan selama dan setelah selesai kuliah. Pendampingan ini akan dilakukan oleh Yayasan Bhumiksara bekerjasama dengan para pastur kampus  dan pihak-pihak lain yang kompeten. Melalui program pendampingan, mahasiswa berkesempatan untuk mengenal dan belajar dari para tokoh masyarakat.

Dua tahap seleksi

Proses seleksi bagi para kandidat pelamar program beasiswa Pemapan dari Yayasan Bhumiksara ini akan berlangsung dalam 2 tahapan.

  • Pertama adalah  seleksi administrasi dengan meneliti semua dokumen pemberkasan formulir yang telah diisi para calon dan telah masuk ke Yayasan.
  • Kedua adalah wawancara langsung dan tes.

Komponen administrasi yang menjadi perhatian penilaian adalah kemampuan akademik, jalur masuk PTN, kondisi ekonomi keluarga, asal daerah, prestasi yang dimiliki, kegiatan sosial yang diikuti, dan penilaian terhadap esai yang dibuat.

Para pelamar  yang dinyatakan lolos seleksi tahap I akan dipanggil untuk tes dan wawancara dan akan dilakukan di Jakarta (pelamar dari UI, ITB, IPB), Yogyakarta (pelamar dari UGM) dan Surabaya (pelamar dari UNAIR). Pada saat wawancara, peserta diminta membawa berkas untuk verifikasi isian formulir pendaftarannya serta berkas pendukung lainnya.

Mereka yang berpeluang mendapatkan program beasiswa Pemapan ini adalah dua kandidat dengan nilai tertinggi dari masing-masing universitas. Juga dengan perhatian khusus pada  kuota minimal 50% penerima beasiswa adalah perempuan.

Formulir pendaftaran dan pertanyaan berkaitan dengan program beasiswa Pemapan ini bisa diperoleh dengan mengirimkan email ke pemapan@gmail.com.

Formulir yang sudah diisi wajib dikirim kembali via email ke alamat yang sama.

Agenda program

  • Tenggat waktu pendaftaran: 25 Januari – 28 Februari 2013
  • Pengumuman seleksi Tahap I: 11 Maret 2013
  • Tes dan wawancara: 16-24 Maret 2013
  • Pengumuman final: 31 Maret 2013
Loading...

Tulis gagasan

Please enter your comment!
Please enter your name here