Posko St. Antonius Paroki Banjarnegara untuk Para Korban Longsor Jemblung (1)

longsor karangkobar by TempoSAYA tiba di Paroki Banjarnegara sekitar pukul 14.30. Selama perjalanan, hujan deras mengguyur Kabupaten Banjarnegara. Sesampai di Aula Paroki beberapa umat menunggu‎ Posko St. Antonius. Aula masih tampak kosong. Saya belum melihat barang-barang logistik untuk didistribusikan ke Posko Karangkobar. Setelah mengobrol dengan beberapa umat, saya diberitahu bahwa Posko St. Antonius baru saja mendistribusi 1 kwintal […]

longsor karangkobar by Tempo

SAYA tiba di Paroki Banjarnegara sekitar pukul 14.30. Selama perjalanan, hujan deras mengguyur Kabupaten Banjarnegara. Sesampai di Aula Paroki beberapa umat menunggu‎ Posko St. Antonius.

Aula masih tampak kosong. Saya belum melihat barang-barang logistik untuk didistribusikan ke Posko Karangkobar. Setelah mengobrol dengan beberapa umat, saya diberitahu bahwa Posko St. Antonius baru saja mendistribusi 1 kwintal daging ayam dan bumbu, telor ayam sebanyak 4 kotak.

Hari semakin sore, ada banyak umat hadir di aula untuk terlibat dalam kepengurusan Posko St. Antonius. Rupanya, pengurus Posko St. Antonius telah dibentuk oleh Rm. Joko dan DPP pada Sabtu malam, kalau tidak salah.

Sekitar pukul 17.00, empat orang relawan Karito pulang dari Karangkobar. Mereka bercerita banyak hal situasi yang terjadi. Saya semakin paham dan tahu situasi yang terjadi.

Posko St. Antonius Paroki Banjarnegara

  • Saya mendapat info sebagai berikut:
    Posko St. Antonius Banjarnegara telah mempunyai rekening BCA 357 048 5678 a/n Stephanie Yuliana dan Listiyani.‎ Mulai besok baru bisa online (menurut bendahara paroki).
  • Paroki St. Antonius Banjarnegara mempunyai 2 unit Posko, yaitu: Posko St. Antonius (di aula paroki) dan sub Posko Karangkobar (di Kapel Karangkobar). Semua pintu masuk distribusi barang dan penerimaan barang melalui Posko St. Antonius Banjarnegara. Tujuannya agar tidak terjadi penumpukan di 1 Posko. Semua barang akan diterima di Posko St. Antonius, kemudian akan dishare berdasarkan survey para relawan St. Antonius.
  • Karito Keuskupan Purwokerto berintegrasi  masuk ke dalam Posko St. Antonius Banjarnegara, agar tidak terjadi pendobelan Posko. Semua relawan yang akan membantu akan didata dan mengenakan identitas dari Posko St. Antonius Banjarnegara.
  • Karito mendapat undangan dari Dompet Duafa untuk berkoordinasi bersama dalam pelayanan evaluasi di lapangan. Rencananya besok kami akan koordinasi.
  • Relawan dari Karina KAS, Karina Keuskupan Bandung, Mapala Sanata Darma besok akan tiba di Posko St. Antonius Banjarnegara. Dari Indosiar juga akan hadir besok untuk membantu.
  • Rencana besok: kami akan menunggu para relawan dari luar untuk didata, koordinasi bersama, dan berangkat ke sub Posko Karangkobar untuk koordinasi dengan relawan dari BPD, Dompet Duafa.
  • Beberapa paroki dari KP maupun luar KP sudah mulai memberikan bantuan dalam rupa uang yang bisa ditransfer ke rekening Posko St. Antonius atau Rekening Karito, dan kebutuhan pokok yang mendesak.
  • Berdasarkan info dari para relawan, kebutuhan yang mendesak:
    • pakaian layak pakai/baru untuk balita – 9 th
    • tikar untuk tidur sebanyak 100
    • selimut.
    • bumbu makanan (bawang, cabe, garam)
    • obat-obatan.
  • Jumlah pengungsi dan korban masih simpang siur. Karena hampir setiap harinya ada penambahan jumlah korban dan pengungsi.
    Demikian laporan singkat kegiatan di Posko St. Antonius Banjarnegara. Mari kita bantu saudara-saudari kita yang sedang menderita.

Salam Belarasa

Kredit foto: Ilustrasi (Tempo)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply