Peresmian Katedral St. Yoseph Pontianak

SABTU, tanggal 20 Desember 2014 Tepat pukul 13.00 WIB, Gubernur Provinsi Kalimantan Barat Drs Cornelis MH tiba di Gereja Katedral St. Yoseph, Pontianak yang baru. Ia dating bersama istrinya Ny. Federika, yang juga Ketua Umum Panitia Pembangunan Gereja Katedral. Di halaman depan, kedatangan mereka berdua disambut Bapak Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus, Vikjen Pastor […]

SABTU, tanggal 20 Desember 2014 Tepat pukul 13.00 WIB, Gubernur Provinsi Kalimantan Barat Drs Cornelis MH tiba di Gereja Katedral St. Yoseph, Pontianak yang baru. Ia dating bersama istrinya Ny. Federika, yang juga Ketua Umum Panitia Pembangunan Gereja Katedral.

Di halaman depan, kedatangan mereka berdua disambut Bapak Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus, Vikjen Pastor William Chang OFM Cap dan Pastor Kelapa Paroki Damian Doraman OFMCap, rombongan panitia dan umat, dan umat.

Diiringi tarian, rombongan bapak gubernur dan uskup agung dan para imam masuk membuka pintu  gereja, dan diikuti tamu undangan, donatur, umat dan pejabat pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat.

Acara dimulai dengan nyanyi bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh paduan suara Grup Kerubim Choir bersama Aloysius Mering sebagai pimpinannya. Lalu dimulailah pembacaan laporan pembangunan Gereja Katedral St. Yoseph Pontianak oleh Ketua Panitia Ny. Federika Cornelis SPd.

IMG_0204

Ny. Federika Cornelis memberi sambutan.

“Pembangunan ini dilakukan karena semakin terbatasnya daya tampung umat, yang setiap hari Minggu 4x misa dan kondisi gereja yang sudah tua. Jumlah umat meningkat terus,” kata istri Gubernur Kalbar ini.

Izin IMB diberikan oleh Pemerintah Kodya Pontianak. Dana berasal dari panitia, donator dan partisipasi umat.

Gedung gereja katedral yang baru punya dua lantai. Ada basement dan Plaza Maria,ruang adorasi, ruang abu, ac sentral dan dilengkapi lift. Berkat kerja keras panitia dan umat akhirnya gereja katedral selesai dibangun.

Setelah sambutan, ketua umum lalu menyerahkan kunci gedung gereja katedral kepada Bapak Uskup Agung Pontianak. Gubernur Kalimantan Barat dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kerukunan hidup beragama di dalam masyarakat. Karena itu, pembangunan Gereja Katedral St. Yoseph melibatkan semua pihak, dan juga umat beragama lainnya dan peresmiannya juga mengundang pihak umat beragama lainnya.

Setelah itu, gubernur menandatangani  prasasti.

IMG_0160

Uskup Agung Keuskupan Pontianak Mgr. Agustinus Agus menyambut kedatangan Gubernur Kalbar Drs. Cornelis dan istri.

Bapak uskup agung dalam sambutannya berpesan dengan adanya gedung gereja yang megah, umat akan lebih beriman dan berbuat baik dan takut akan Tuhan.

Pada tanggal 19 maret 2015 akan berlangsung pemberkatan meriah, bertepatan Hari Raya St. Yoseph.

 

 

IMG_0225

“Me Posuit” (Di sini kuletakkan batu) menandai resminya selesai pembangunan gedung baru Katedral St. Yosep Pontianak oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Barat Drs. Cornelis MH.

Di penghujung acara, Uskup Agung Emeritus Mgr. Hieronimus Bumbun OFMCap memimpin doa bersama. Segera setelahnya, Vikjen Pastor William Chang memberi penjelasan tempat dan nama yang ada didalam gereja.

Kredit foto: Yongki

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply