Perempuan-perempuan yang Melayani Tuhan (2)

(sambungan)

Selanjutnya, dalam Injil Matius kita bisa menemukan pula bukti lain bahwa para perempuan pada waktu itu sudah turut serta bersama Yesus dalam pelayanan, yaitu dalam paparannya setelah Yesus disalib. “Dan ada di situ banyak perempuan yang melihat dari jauh, yaitu perempuan-perempuan yang mengikuti Yesus dari Galilea untuk melayani Dia. Di antara mereka terdapat Maria Magdalena, dan Maria ibu Yakobus dan Yusuf, dan ibu anak-anak Zebedeus.” (Matius 27:55-56). Dalam versi Markus, bukti tentang keikutsertaan perempuan ini juga disebutkan. “Ada juga beberapa perempuan yang melihat dari jauh, di antaranya Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus Muda dan Yoses, serta Salome. Mereka semuanya telah mengikut Yesus dan melayani-Nya waktu Ia di Galilea. Dan ada juga di situ banyak perempuan lain yang telah datang ke Yerusalem bersama-sama dengan Yesus.” (Markus 15:40-41).

Lihatlah bawha Tuhan tidak membeda-bedakan anakNya antara pria dan wanita, laki-laki dan perempuan, termasuk dalam urusan melayani. Ini tentu tidak berarti bahwa anda para wanita harus semuanya berkotbah di depan mimbar, karena sejatinya pelayanan merupakan segala sesuatu yang anda lakukan dalam nama Tuhan dengan tujuan untuk memuliakan Tuhan. Itu artinya anda bisa ambil bagian dalam begitu banyak bentuk kegiatan, sesuai panggilan anda masing-masing. Tentu anda bisa belajar untuk menjadi pendeta atau evangelis atau bahkan menjadi pemimpin jika itu yang menjadi panggilan anda, tetapi menjadi ibu rumah tangga yang baik dan istri yang mendukung suami dalam pekerjaannya pun merupakan bentuk pelayanan yang akan sangat menyukakan hati Tuhan. Dan peran sederhana yang juga tidak ringan sebagai seorang istri dan ibu pun bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang termasuk menjadi pintu agar orang bisa mengenal Kristus dan kebenaran Surgawi yang sudah Dia sampaikan kepada kita.

Anda bisa mempergunakan talenta-talenta dan lain-lain yang anda miliki untuk melayani, Apakah itu dengan menyumbangkan pikiran, tenaga, ide-ide atau materi untuk memperluas KerajaanNya di muka bumi ini. Istri saya tidak terlibat dalam pelayanan secara langsung, tetapi ia sangat mendukung saya baik dalam pekerjaan maupun pelayanan. Di saat-saat tertentu ketika saya butuh bantuan, ia pun akan dengan senang hati membantu sejauh ia mampu.  Jika kita baca kitab Kisah Para Rasul, dalam perikop 9:32-43 kita bisa menemukan seorang perempuan bernama Tabita atau Dorkas yang melayani lewat berbuat baik dan memberi sedekah kepada orang-orang miskin terutama dalam hal menjahitkan baju buat para janda. Ketika ia meninggal dunia, para janda yang sering ia tolong merasa begitu sedih dan meminta Petrus untuk datang menolong. Dorkas pun kemudian menerima mukjizat bangkit dan hidup kembali.

Bagi anda kaum wanita, sudahkah anda mengetahui apa yang menjadi panggilan anda? Kalau belum, temukanlah dan jalani. Berkati orang lain lewat panggilan anda dan muliakan Tuhan disana. Tapi bila anda sudah berkeluarga, jangan korbankan peran anda sebagai istri dan ibu apalagi mengorbankan waktu-waktu bersekutu dengan Tuhan dan membawa anak-anak anda masuk ke dalam pengenalan akan Tuhan, baik lewat pengajaran maupun keteladanan. Saya yakin, apabila Tuhan memang memberikan anda panggilan-panggilan untuk terlibat langsung dalam pelayanan entah sebagai apapun, atau untuk membangun karir di luar tembok gereja yang menjadi sumber berkat bagi orang lain, anda tentu mampu menjalankan itu dengan baik tanpa harus mengorbankan peran vital anda dalam keluarga.

Secara khusus hari ini saya menyampaikan rasa hormat setinggi-tingginya kepada anda kaum wanita dan mengajak anda semua untuk turut ambil bagian dalam pelayanan. Ambillah waktu yang tenang dan periksalah talenta apa yang anda miliki dan apa yang menjadi panggilan anda, lalu pikirkan apa yang bisa anda lakukan dan berikan dalam hal melayani. Tuhan menanti anda untuk melayani bersama dengan Dia.

Bukan hanya laki-laki, perempuan pun punya peran besar dalam pelayanan sesuai kemampuan dan kesanggupan mereka

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: