Pemimpin Yang Melayani

PEMIMPIN di dalam kerajaan duniawi, identik dengan kekuasaan, materi berlimpah, fasilitas istimewa, dilayani dan dihormati oleh setiap orang. Persepsi seperti inilah yang mendorong ibunda Yakobus dan Yohanes, untuk datang menghadap Yesus, Sang Mesias, memohon agar kedua orang putranya dapat menduduki posisi terhormat di dalam kerajaanNya.

Namun Yesus mengajarkan hal yang bertolak belakang. Pemimpin sejati adalah pribadi yang selalu mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi; menggunakan kekuasaan secara bijak, bukan untuk menindas melainkan untuk membantu dan melayani banyak orang.

Meneladani kepemimpinan Yesus tidaklah mudah, karena manusia cenderung untuk menyalahgunakan kekuasaan yang dimilikinya. Oleh sebab itu, kita harus berani berserah kepadaNya dan memperkenankan tanganNya untuk membentuk kita menjadi pribadi yang berkenan di hadapanNya. Dengan demikian, apapun profesi kita, kita akan dimampukan untuk melayani setiap orang dengan tulus, rendah hati dan penuh kasih.

Hari ini kita merayakan pesta Santo Yakobus, Rasul. Marilah berdoa kepadanya agar semangatnya menjiwai pelayanan kita semua.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Insinyur elektro alumnus ITB dan umat Paroki St. Yakobus, Kelapa Gading, Jakarta Utara; bergiat ‘merangkai’ kata-kata renungan yang menjadi ‘kata hati’ untuk satu hari (thoughts of the day); Anggota Komunitas Meditasi Katolik Ancilla Domini St. Yakobus.

Artikel lain yang banyak dibaca:

5 pencarian oleh pembaca:

  1. khutbah kristen tentang pemimpin yang berintergriti
Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: