Pemberkatan Balai dan Pastoran Batuputih, Ogan Komering Ulu, Sumsel

Untuk Tulisan 1cPAGI itu, Minggu (26/10), hangatnya matahari menerpa tanah Batu Putih. Hujan yang diharapkan oleh seluruh masyarakat belum setitik pun turun. Akibatnya rumput-rumput mengering, air berkurang dan debu menjadi teman seperjalanan manusia. Namun depan gang yang menuntun umat memasuki gedung gereja tampak beberapa polisi pamong praja. Ada pula sekelompok orang yang mengenakan pakaian adat. Ada yang […]

Untuk Tulisan 1c

PAGI itu, Minggu (26/10), hangatnya matahari menerpa tanah Batu Putih. Hujan yang diharapkan oleh seluruh masyarakat belum setitik pun turun. Akibatnya rumput-rumput mengering, air berkurang dan debu menjadi teman seperjalanan manusia.

Namun depan gang yang menuntun umat memasuki gedung gereja tampak beberapa polisi pamong praja. Ada pula sekelompok orang yang mengenakan pakaian adat. Ada yang membawa gendang di tangan, ada pula yang membawa padi di dalam wadah kecil dari anyaman daun. Mereka adalah putra-putri daerah Batu Putih, sekaligus putra-putri Gereja Katolik yang akan menyambut arak-arakan menuju kompleks gereja Sang Penebus.

Kurang dari pukul 09:00 WIB, Mgr Aloysius Sudarso SCJ sudah tiba di depan gang. Uskup Agung ini bersama para imam dan petugas liturgi mengikuti perarakan menuju kompleks gereja. Perarakan ini diiringi Tari Terbangan, tari adat Batuputih.

Sebelum Perayaan Ekaristi dimulai, terlebih dahulu diselenggarakan pemberkatan pastoran, ruang kerja, balai paroki serta Kapel Maria. Usai pemberkatan, Mgr Sudarso SCJ menadatangani prasasti peresmian pastoran dan balai Paroki Sang Penebus. Acara dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi.

Untuk Tulisan 1d

Pemberkatan oleh Uskup Agung Palembang Mgr. Aloysius Sudarso SCJ (Dok. Komsos Keuskupan Agung Palembang)

Mgr Sudarso SCJ bersyukur atas umur ke-66 Paroki Sang Penebus Batuputih, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. “Enam puluh enam tahun yang lalu, Tuhan menebarkan benih iman Katolik itu kepada umat di tempat ini. Sesudah 66 tahun, di tempat Tuhan menebarkan benih iman ini, iman telah berkembang dan meluas,” kata Mgr Sudarso SCJ, mengawali homilinya. Kini Paroki Sang Penebus Batu Putih telah memiliki 18 tempat misa.

Lebih dari itu, Bapak Uskup mengajak umat yang hadir untuk mensyukuri peristiwa iman ini. Ia mengajak umat bersyukur, karena Tuhan telah berkenan memilih Batu Putih untuk menjadi oase (sumber air), bagi umat yang sedang berziarah. Syukur ini diungkapkan melalui Perayaan Ekaristi.

Melalui peristiwa pemberkatan pastoran, ruang kerja, balai paroki, dan Kapel Maria diharapkan umat semakin merasa dekat dengan gembalanya. “Kita bersyukur atas kehadiran imam di tengah umat. Dalam imam yang tinggal di pastoran bersama umat, kita merasa bagaikan domba yang tinggal bersama para gembala,” tutur Mgr Sudarso SCJ.

Untuk Tulisan 1b

Semangat rampak kompak ditunjukkan oleh para penari, jelang pemberkatan. Gadis dan Bujang Batuputih menari Tarian Menanam.

 

Untuk Tulisan 1e

Kekayaan tradisi lokal dalam wujud kesenian musikal menjadi pelengkap yang menggembirakan saat pemberkatan. Ini adalah musik Terbangan.

Selain sebagai tempat tinggal imam, Bapak Uskup mengatakan bahwa tempat ini juga akan menjadi tempat pertemuan bagi gembala dengan domba. Tempat ini akan menjadi tempat pelaksana persatuan Gereja Katolik, yakni imam dan umat.

Di akhir homilinya, Mgr mengucapkan terima kasih kepada Tuhan, para imam, para dermawan dan umat yang turut ambil bagian dalam perayaan ini. Tidak lupa ia mengajak umat untuk bersama-sama memelihara tempat ini.

Diperkirakan lebih dari seribu umat menghadiri perayaan ini. Mereka adalah umat dari Paroki Sang Penebus dan umat dari paroki-paroki di Keuskupan Agung Palembang. Mgr Aloysius Sudarso SCJ memimpin Perayaan Ekaristi pemberkatan dan ulang tahun paroki ini. Beliau didampingi oleh Romo Stefanus Supardi Pr, Romo Makarius Samandi Pr, Romo Widhyanto Pr, Romo Vinsentius Tri Setiawan, Romo Putra Setiahati Pr dan Romo Frans de Sales SCJ.

Untuk Tulisan 1a

Mgr Aloysius Sudarso SCJ dan para imam disambut memasuki halaman Gereja Sang Penebus Batuputih, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Untuk Tulisan 1c

Mgr Sudarso SCJ menandatangani prasasti pemberkatan aula dan Pastoran Batuputih.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply