Pelita Hati:12.04.2018 – Memiliki Hidup

0
13


Bacaan Yohanes 3:31-36


Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.” (Yoh 3:36)


AYAT 36 ini merupakan penutup dari pengajaran Yohanes atau kesaksian Yohanes tentang Yesus. Ayat ini juga dapat dimaknai sebagai kesimpulan akhir dari pengajaran Yohanes tentang sikap yang harus dimiliki oleh murid-murid Kristus dengan tiga kata kunci: percaya,taat, dan melihat hidup. Percaya dan taat itu bagaikan sekeping mata uang dengan dua sisi, saling mengandaikan dan ada bersama. Kadar percaya seseorang dapat dinilai dari ketaatannya pada yang diyakini dan dipercayai. Semakin beriman berarti semakin taat. Dan hasil yang diperoleh dari orang yang percaya dan taat adalah akan melihat atau lebih tepatnya memiliki hidup. Bukan pertama-tama hidup jasmani atau manusiawi tetapi memiliki kepenuhan hidup, yakni hidup dalam damai-sejahtera, hidup dalam kasih, hidup dalam kebersamaan yang akan bermuara pada hidup kekal.


Sahabat pelita kasih,


Pelita sabda hari ini mengajak kita untuk bertanya kepada diri masing-masing: sejauh mana ketaatan kita kepada Tuhan yang tidak henti melimpahkan kasih-Nya kepada kita? Setiap kali kita bangun tidur dan menghirup udara di pagi hari sejatinya kita sedang menghirup nafas kehidupan yang merupakan anugerah pemberian Tuhan. Semoga iman kita kepada-Nya semakin mendalam agar kita memiliki hidup karena itulah satu-satunya jalan menuju hidup kekal.


Jika pesawat telah mendarat,
kita bersiap untuk berangkat.
Jika kita setia dan taat,
niscaya kan berlimpah berkat.


dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm.istoto


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Sumber: Sesawi

Loading...

Tulis gagasan

Please enter your comment!
Please enter your name here