Pelita Hati: 27.08.2017 – Sang Batu Karang Iman


Bacaan Matius 16:13-20


MAKA jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!”  Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.” (Mat.16:16-19)


Petrus (Batu Karang) adalah nama pemberian Tuhan kepada Simon berkat pengakuan imannya. Dan di atas Petrus Sang Batu Karang Iman ini, Gereja (persekutuan umat beriman) tak akan dikuasai maut. Inilah sejatinya penyertaan Tuhan yang tak pernah selesai dan berhenti. Tak ada lagi alasan untuk takut dan khawatir karena iman kita kepada-Nya. Ia tidak hanya menyertai tetapi juga melindungi bagaikan gunung batu yang kokoh, sebagaimana diserukan oleh pemazmur: “Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah”. (Mzm 62:6) Marilah kita mewarisi dan melanjutkan semangat beriman santo Petrus Sang Batu Karang Iman, peletak dasar Gereja yang dikenang sepanjang zaman.


Jika ke Yogya pergilah ke Kaliurang,
tempat wisata sejuk dan nyaman.
Simon Petrus Sang Batu Karang,
peletak dasar Gereja umat beriman.


dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem mois


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: