Bacaan Yohanes 13:21-33.36-38 


Kata  Petrus kepada-Nya: “Tuhan, mengapa aku tidak dapat mengikuti Engkau sekarang? Aku akan memberikan nyawaku bagi-Mu!” Jawab Yesus: “Nyawamu akan kauberikan bagi-Ku? Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali.” (Yoh. 13:37-38)


KINI Yesus mengingatkan Petrus yang dengan gagahnya menyatakan komitmennya memberikan nyawanya bagi Tuhan. Bukan kali pertama Petrus menyatakan janji setia kepada Tuhan, walau akhirnya hanya berhenti dalam ucapan. Simak saja pernyataan Petrus ini:  “Tuhan, aku bersedia masuk penjara dan mati bersama-sama dengan Engkau!”  (Lukas 22:23).  Kata-kata janji setia ini seketika runtuh dengan jawaban Tuhan: “Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali.” (Yohanes 13:38b). Dan apa yang dikatakan Tuhan ini sungguh-sungguh terjadi. Petrus menyangkal Yesus bahkan hingga tiga kali.


Sahabat terkasih,


menjelang Tri Hari Suci para imam menggunakan waktu memperbaharui janji suci imamatnya. Dan hari ini imam-imam yang berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong pun memperbaharui janji setia imamatnya kepada Tuhan di hadapan uskup, sambil menegaskan kolegialitas dan loyalitasnya sebagai pembantu dan perpanjangan tangan uskup di tempat karya pastoralnya. Semoga kami para imam di mana pun berkarya, sungguh menghayati janji setia sebagai imam Gereja yang memancarkan wajah Kristus dalam penggembalaan dan pelayanannya. Syair lagu “Janji Imam Selamanya” karya Rm.Joy (Susilo Wijoyo Pr) ini, semoga sungguh dapat kami hayati dan jalani:


Kami datang ke depan altar suci,
memperbaharui janji kasih.
Janji imamat nan mulia,
tetap selibat dan hidup sederhana.


Walau tak pantas karena dosa,
kami terus belajar setia.
Mencintai Yesus dan Gereja,
mewartakan terang keselamatan-Nya.


Mampukan kami jalani
janji rahmat yang ilahi,
walau tersimpan dalam
bejana rapuh insani.


Mampukan kami gembira 
jalani perutusan-Nya,
menjadi Gembala,
Nabi dan Imam selamanya.


dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Sumber: Sesawi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.