Pelita Hati: 24.08.2017 – Tak Pura-pura

Bacaan Yohanes 1:45-51 

KATA Natanael kepadanya: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?” Kata Filipus kepadanya: “Mari dan lihatlah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” Kata Natanael kepada-Nya: “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya: “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.” Kata Natanael kepada-Nya: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!” (Yoh.1:46-49)

Yang dapat kita petik dari kisah panggilan Natanael adalah sikap Natanael yang apa adanya. Ia tidak menampilkan diri dengan pura-pura. Tak ada kepalsuan dalam dirinya, begitulah penilaian Tuhan terhadap Natanael. Memang seharusnya seperti itulah cara hidup yang harus dihayati oleh orang kristen di zaman ini. Tak boleh ada pura-pura apalagi rekayasa. Tantangan kita saat ini adalah kita sering dihadapkan dengan praktek hidup yang sarat dengan pura-pura, tipu muslihat dan rekayasa. Semoga kita tetap dapat berdiri tegak dan berusaha menegakkan nilai-nilai keutamaan kristiani di tengah bentangan tantangan kehidupan yang berbalut pura-pura dan rekayasa. Jika demikian kita pun akan mendapatkan kesempatan untuk menerima berkah lebih besar sebagaimana diterima oleh Natanael. Semoga kita mampu mengusahakan dan memperjuangkannya.

Sinar mentari tlah merekah,
sambut pagi ayunkan langkah.
Mari bersujud dan menyembah,
smoga selalu berlimpah berkah.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem rm.is

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: