Bacaan Lukas 8:1-3


TIDAK lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia, dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat, Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.


Hanya penginjil Lukas yang mengisahkan keterlibatan kaum perempuan dalam karya pewartaan Tuhan. Memang mereka tidak selalu menyertai Yesus berkeliling dari satu tempat ke tempat lain, seperti keduabelas murid. Terpenting para perempuan ini memiliki peran dalam mendukung karya dan pelayanan Tuhan melalui kelebihan rezekinya.  Bapa Suci Paus Yohanes Paulus II semasa hidupnya pernah mendirikan “Komunitas Orang Samaria Baik Hati”, yaitu kumpulan orang-orang yang berkelebihan rezeki dan mengumpulkan donasi untuk mendukung para pegiat HIV/Aids yang menjalankan pendampingan dan pelayanan di Afrika. Mereka memang tidak terjun langsung tetapi donasinya amat berguna dan mendukung pelayanan sosial tersebut. Apa yang bisa kita buat?


Buah matoa dari Irian,
rasanya sungguh manis nian.
Hidup akan makin berkenan,
rela berbagi pada yang berkekurangan.


dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem rm.is


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.