Pelita Hati: 22.02.2018 – Mengikat Kebaikan


Bacaan Matius 16:13-19


Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.” (Mat 16:17-19)


PELITA sabda hari ini berkisah tentang “Pengakuan Petrus”. Pengakuan iman Petrus mendatangkan berkah dan pujian dari Tuhan.

Tuhan menganugerahkan nama “Petrus” (yang berarti batu karang) kepada Simon dan ia dinyatakan sebagai dasar bagi Gereja yang dibangun Tuhan. Atas dasar iman Petrus (para rasul) inilah persekutuan Gereja berdiri dan maut takkan menguasainya. Artinya Gereja Kristus akan tegak berdiri hingga di ujung waktu.Petrus diserahi kunci kerajaan surga yang dapat mengikat kebaikan baik di dunia maupun di surga.

Sahabat-sahabat pelita hati,


pelita sabda ini mengingatkan kita untuk selalu menadasarkan iman kita atas para rasul. Jika di setiap ibadah kita mendaraskan dan mengulangi syahadat iman para rasul, kita diajak untuk selalu  on the track atau ada pada jalur yang benar dalam menghayati dan menghidupi iman, seturut iman para rasul. Tak boleh berbelok apalagi berhenti. Pelita sabda hari ini juga menegaskan bahwa hidup kita di dunia ada lanjutannya. Kebaikan yang kita ikat di dunia ini juga akan terikat nantinya. Karenanya tak ada kata sia-sia untuk suatu perbuatan baik. Teruslah mengikat kebaikan karena kebaikan yang sama akan ditambahkan kepada kita.


Berusahalah dengan tak jemu-jemu,
yakinlah badai pasti belalu.
Tetaplah teguh pada imanmu,
berkat Tuhan kan melimpah selalu.


Salam kasih dari bumi Cendrawasih,
Berkah Dalem, rm.istoto


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

5 pencarian oleh pembaca:

  1. ilustrasi mengingat kebaikan tuhan
Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: