Pelita Hati: 21.08.2017 – Lepas Bebas


Bacaan Matius 19:16, 21-22


ADA seorang datang kepada Yesus, dan berkata: “Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?” Kata Yesus kepadanya: “Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku.” Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya. (Mat.19:16.21-22)


Kisah tentang seorang pemuda yang kaya ini menyadarkan kita bahwa iman harus mewujud dalam tindakan. Untuk memperoleh hidup kekal tidak cukup hanya memahami dan mentaati aturan/perintah agama dan liturgi tetapi harus berani mengambil sikap lepas bebas terhadap hal-hal duniawi. Pemuda yang kaya ditantang oleh Tuhan untuk menjual seluruh harta kekayaannya dan membagikan kepada orang miskin menderita, namun ia menjadi sedih dan tidak rela hartanya yang banyak dibagi-bagi. Persis inilah yang menghambatnya untuk beroleh hidup kekal. Kita belajar untuk tidak lekat pada hal-hal duniawi jika ingin memperoleh hidup kekal. Adakah hal-hal duniawi atau ambisi yang sampai saat ini masih mengekang hidup kita? Apa yang akan Anda lakukan?


Jika engkau menjadi bunga,
aku kan jadi kumbangnya.
Jika hidup ingin bermakna,
bermurah hati kepada sesamanya.


dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem rm.is


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...
mgid.com, 5527889, DIRECT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: