Bacaan Kisah Rasul 2:1-11; Yohanes 15:26-27;16:12-15

Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku. (Yoh 15:26-27)

Sahabat pelita hati,

HARI ini Gereja merayakan hari raya Pentakosta. Pentakosta adalah hari yang ke-50 setelah paskah atau disebut juga hari genap 7 Minggu (Im. 23:15). Kini kita mengenangkan satu peristiwa penting dalam hidup kita sebagai orang Kristen, yakni peristiwa yang menjadi cikal bakal dari kelahiran gereja dan menjadi titik berangkat Jemaat Perdana mewartakan Kristus dan Injil-Nya. Inilah peristiwa pencurahan Roh Kudus sebagaimana dikisahkan oleh  Kisah Rasul 2:1-11. Kata kunci dari mujizat pentakosa ini adalah para murid berani menjadi saksi-saksi Kristus. Pasca peristiwa di Yerusalem itu,  Petrus bangkit berdiri dan dengan lantang serta gagah berani mewartakan Kristus yang telah bangkit. Dalam sekejap, berkat pewartaan dan kesaksiannya sekitar 3000 jiwa menyerahkan diri untuk dibaptis.

Sahabat terkasih,

Berkat kuasa Roh Kudus orang dimampukan  menjadi saksi bagi banyak orang. Jika Roh Kudus ada dalam diri kita, Dia akan mendorong kita untuk menjadi saksi-saksi Kristus. Semakin seseorang dipenuhi oleh Roh Kudus, semakin kehidupannya menjadi saksi dan berkat bagi banyak orang.

Sahabat terkasih,

Apakah kita telah mengusahakan diri menjadi saksi kebaikan Tuhan di saat ini? Mari kita berjuang untuk menyatakan kebaikan Tuhan dalam hidup, karya dan pelayanan kita. Rohlah yang memberanikan kita untuk bersaksi.

Jika pergi ke Jakarta,
lebih nyaman naik kereta.
Ini hari Pentakosta,
mari rayakan dengan sukacita.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Sumber: Sesawi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.