Pelita Hati: 16.12.2017 – Mampukan Hamba

Bacaan Matius 17:10-13

Lalu  murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: “Kalau demikian mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?” Jawab Yesus: “Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka.” Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.

NABI Elia sering disepadankan atau disamakan dengan Yohanes Pembaptis. Memang mereka memiliki peran yang sama pada zamannya. Mereka adalah penyalur datangnya rahmat bagi umat. Kini  secara khusus Tuhan Yesus memberi perhatian kepada Yohanes Pembaptis, sang pembuka jalan bagi Mesias yang akan datang. Pun demikian orang-orang Israel seakan membutakan mata dan hati, tak mampu melihat dan menangkap terhadap tanda-tanda yang terjadi. Bahkan sama sekali tak peduli.

Kini saatnya kita menata hati, terlebih di masa adven nan suci ini. Kita mohon agar diberi karunia hati yang terbuka dan mampu melihat serta menangkap tanda-tanda kehadiran-Nya. Semoga pelita sabda yang kita baca dan kita renungkan setiap hari menjadikan kita semakin peka terhadap karya rahmat-Nya mampu menangkap tanda-tanda kasih-Nya. Marilah berpantas hati dan berpantas diri menyambut Sang Raja.

Satu dua tiga dan empat,
lima enam tujuh delapan.
Bermati raga serta bertobat,
pantaskan hati menyambut Tuhan.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm.is

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: