Pelita Hati: 15.05.2018 – Berkanjang dalam Doa

Bacaan Yohanes 17:1-11a

Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka. (Yoh 17:9-10)

PELITA sabda hari ini mengisahkan Yesus yang berdoa kepada Bapa bagi para pengikut-Nya yang masih tinggal di tengah-tengah dunia yang penuh ragam-macam godaan dan bisa membawa ke jurang perbuatan dosa. Inilah tanda nyata kasih dan cinta-Nya yang luar biasa kepada para murid-Nya. Doa Yesus ini juga mengingatkan kita agar semakin beriman kepada-Nya. Kita harus terus bertekun dalam doa dan mohon pertolongan dan penyertaan-Nya di kancah hiruk pikuknya dunia.

Sahabat terkasih,

Di dalam doa-Nya Yesus menyebut jika  murid-murid-Nya adalah milik-Nya dan milik Bapa. Ya,  berkat sakramen baptis kita semua telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Bapa. Apa konsekuensinya?

Pertama, kita telah dipersatukan dalam kerangka penyelamatan-Nya alias jaminan keselamatan itu sudah di depan mata karena kita adalah milik-Nya.

Kedua, kita harus menjaga mutu hidup kita sebagai pribadi yang berkualitas dalam beriman. Sebagai milik Tuhan kita harus menampilkan wajah kasih Allah.  Untuk menjaga mutu kualitas hidup itu harus dibarengi dengan sikap hidup doa alias selalu memberi waktu bagi Tuhan dalam hidup.

Apakah aku sudah berdoa di awal hari ini?

Mana di mana anak kambing saya,
anak kambing saya ada di dalam gua.
Bagi yang beriman dan percaya,
selalu menyisihkan waktu untuk berdoa.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Sumber: Sesawi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: