Pelita Hati: 14.12.2017 – Madah Kerendahan Hati

Bacaan Matius 11:11-15

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya. (Mat.11:11)

JIKA Yohanes pembaptis pernah berwarta, “Sesudah aku akan datang Ia yang lebih berkuasa dari padaku; membungkuk dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak” (Mrk. 1:7), kini giliran Yesus menjawab, “yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis” (Mat.11:11a).

Inilah ungkapkan kerendahan hati dari dua orang tokoh penyiap dan pelaksana karya keselamatan, Yohanes Pembaptis dan Yesus Sang Juru Selamat. Kita menyaksikan dua pribadi rendah hati yang saling memuji, tidak menunjuk diri apalagi membanggakan diri sendiri. Itulah madah kerendahan hati. Sebuah keutamaan yang pantas kita teladani.

Semoga kita pun mampu menjadi pribadi-pribadi rendah hati di zaman ini.

Jika datang musim semi,
angin dingin menusuk hati.
Tuhan, mampukan kami,
menjadi pribadi rendah hati.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm.is

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: