Bacaan Yohanes 15:9-17


Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu. Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya. Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain. (Yoh 15:9-10.14.17) 


Sahabat pelita hati,


HARI ini kita masih merenungkan tentang ajaran kasih Yesus dan perintah-Nya agar kita saling mengasihi. Jika kita melaksanakan perintah kasih-Nya kita akan disebut sahabat-Nya. Pertanyaannya adalah apakah kita telah mewujudnyatakan perintah kasih itu? Bagaimana dan apa yang telah kita lakukan?


Sahabat terkasih,


Tuhan tidak hanya menuntut jawaban kesanggupan dan komitmen kita tetapi wujud nyata pelaksanaan kasih itu. Tak selalu harus dalam perbuatan  berskala besar dan spektakuler tetapi mulai dengan yang kecil dan sederhana. Mulai di dalam keluarga, di lingkungan tetangga kanan dan kiri kita. Apakah kita sungguh telah mengasihi anak-anak? Apakah kita memberi perhatian dsn waktu yang cukup bagi mereka?  Bagaimana kita memberi perhatian kepada pasangan?  Atau kita terlalu sibuk dengan akitivitas kita pribadi, rekan kerja dan kolega hingga kita kehilangan waktu untuk memberikan sapaan kasih terhadap keluarga dan orang-orang terdekat? Mereka butuh sapaan kasih kita,  walau hanya dengan cara yang sederhana. Itu sudah cukup. Jadilah sahabat kasih bagi sesama.


Etika dalam berpakaian,
harus menjaga kesopanan.
Jika ingin menjadi sahabat Tuhan,
berbuatlah kasih dan kebaikan.


dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm.Is


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Sumber: Sesawi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.