Bacaan Yohanes 17:11b-19


Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya mereka pun dikuduskan dalam kebenaran. (Yoh 17:11b,16-19)


Sahabat-sahabat pelita hati,


CINTA Tuhan kepada murid-murid-Nya tak pernah dapat diputus oleh apa pun dan siapa pun. Seakan tak ada waktu bagi Tuhan untuk tidak mencintai mereka. Sebelum meninggalkan murid-murid-Nya Yesus tidak hanya memberikan nasehat-nasehat kasih-Nya tetapi secara khusus Ia mendoakan mereka. Ia berdoa kepada Bapa demi kepentingan murid-murid-Nya yang masih berjuang di tengah hiruk-pikuk tantangan dunia.  Isi doanya pun teramat sangat indah. Yesus tidak berdoa agar para murid-Nya terbebas dari semua derita dunia. Yesus juga tidak berdoa agar mereka terbebas dari masalah-masalah dunia. Tetapi Yesus berdoa agar dalam menghadapi masalah-masalah di dunia para murid tetap tegar dan teguh dalam nama-Nya dan sanggup mengatasinya. Di atas itu semua Tuhan memohonkan agar para murid “menjadi satu” sama seperti diri-Nya yang selalu bersatu dengan Bapa.


Sahabat-sahabat terkasih,


Hari ini adalah hari Komsos sedunia yang ke-52. Bapa Suci Paus Fransiskus memberikan pesan sucinya “Kebenaran itu akan memerdekakan kamu,” sebuah ajakan untuk membangun jurnalisme perdamaian. Semoga kita sungguh dapat memerankan diri sebagai pewarta kebenaran dan kedamaian melalui komunikasi sosial dengan sesama. Ini akan terjadi jika kita sungguh menyatu dengan Sang Sumber Komunikator sejati yaitu Yesus sang juru damai.  Selamat hari Minggu.


Etika dalam bertutur kata,
halus dalam budi bahasa.
Yesus Sang kabar sukacita,
kasih-Nya sungguh luar biasa.


dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm.Istoto


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Sumber: Sesawi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.