Pelita Hati: 13.02.2018 – Jauhi Ragi Farisi

Bacaan Markus 8:14-21

Kemudian ternyata murid-murid Yesus lupa membawa roti, hanya sebuah saja yang ada pada mereka dalam perahu.  Lalu Yesus memperingatkan mereka, kata-Nya: “Berjaga-jagalah dan awaslah terhadap ragi orang Farisi dan ragi Herodes.” (Mrk.8:14-15)

KINI Yesus mengingatkan murid-murid-Nya terhadap ragi Farisi dan ragi Herodes. Apa pasal?

Orang-orang Farisi dikenal sebagai penghayat kemunafikan. Nampaknya ia tekun beribadah dan menjalankan aturan keagamaan namun hatinya jauh dari Tuhan. Mereka menjalankan ibadah agar dilihat orang dan mengharap pujian. Apa yang mereka ucapkan dan doakan tidak sesuai dengan yang dilakukan.Ragi Herodes adalah ragi yang menebarkan nafsu kuasa dan angkara murka. Demi meraih keinginanya rela menghalalkan segala cara. Kita tentu masih ingat ketika Herodes memerintahkan prajurit-prajuritnya untuk membunuh anak-anak Bethlehem dengan membabi-buta. Tak hendak ada raja lain kecuali dirinya.

Sahabat-sahabat pelita hati,

semoga kita dapat membebaskan diri dari kemunafikan dan mengumbar nafsu kekuasaan. Jadilah abdi-abdi Tuhan yang sahaja dan taat-setia kepada Tuhan.

Melesat jauh ‘si burung besi’,
terbang menuju bandara Fatmawati.
Jauhkan kami dari ragi Farisi,
dekatkan kami pada kesalehan sejati.

Salam kasih dari bumi Cendrawasih,
Berkah Dalem, rm.istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: