Pelita Hati – 12.08.2017: Harus Percaya


Bacaan Matius 17:14-20


KEMUDIAN murid-murid Yesus datang dan ketika mereka sendirian dengan Dia, bertanyalah mereka: “Mengapa kami tidak dapat mengusir setan itu?” Ia berkata kepada mereka: “Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, — maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu. (Mat.17:19-20)


Tuhan Yesus masih melanjutkan pengajaran-Nya tentang iman dan menegur para murid yang kurang percaya. Teguran Yesus itu barangkali (saat ini) juga tertuju kepada kita yang amat sering kurang percaya pada Maha Kuasa Tuhan sehingga terasa hampa. Rasanya kita masih harus terus-menerus bertobat dan berdoa. Percaya berarti menggunakan segala kemampuan dan kekuatan kita sambil menyandarkan seluruh harapan kita pada Allah. Percayalah Allah akan menyempurnakan segala jerih payah dan usaha baik kita. ‘Memindahkan gunung’ adalah sebuah kiasan yang menegaskan bahwa maha daya iman itu sungguh dahsyat. Apakah Anda masih kurang percaya?


Sungguh nikmat buah durian,
namun jangan berlebihan.
Sungguh hebat maha daya iman,
tetaplah percaya pada Tuhan.


dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem rm.is


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Comment