Pelita Hati: 12.02.2018 – Tak Mencobai Tuhan


Bacaan Markus 8:11-13


Lalu  muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari sorga. Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: “Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda.” Ia meninggalkan mereka; Ia naik pula ke perahu dan bertolak ke seberang


KINI kita berjumpa dengan orang-orang Farisi yang menjumpai Yesus dan meminta tanda dari sorga. Dengan serta merta Tuhan menolak. Sekurangnya ada dua (2) alasan:

Tuhan tak akan pernah membuat tanda atau melakukan mujizat demi pembuktian atau untuk memamerkan kemampuan dan kuasa-Nya. Mujizat-Nya selalu dikerjakan untuk menanggapi atau menyempurnakan iman seseorang.Orang-orang Farisi meminta tanda mujizat bukan karena mereka percaya pada Yesus tetapi ingin mencobai Tuhan. Inilah kesombongan orang-orang Farisi. Tuhan hanya berkenan kepada orang-orang yang rendah hati dan menyandarkan harapan imannya kepada Tuhan. Tuhan tak ingin tinggal dan bersemayam di hati yang congkak dan penuh kesombongan tetapi Ia akan mendatangi orang yang rendah hati dan hidup dalam kesahajaan. Janganlah mencobai Tuhan tetapi rendahkanlah diri dan hatimu di hadapan Tuhan.

Pagi-pagi sarapan roti,
minumannya teh bunga melati.
Tuhan benci pada yang congkak hati,
dan mencintai yang rendah hati.


Salam kasih dari bumi Cendrawasih,
Berkah Dalem, rm.istoto


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply