Pelita Hati – 11.08.2017: Hidup bagi Kristus


Bacaan Matius 16:24-28


LALU Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? (Mat.16:24-26)


Hari ini Gereja memperingati Santa Klara. Klara berasal dari keluarga bangsawan di Asisi, Italia.  Di usia belia (18th) secara diam-diam meninggalkan kemewahan keluarganya demi membaktikan diri bagi Tuhan dalam semangat kemiskinan. Bagi Klara, mengikuti Kristus berarti harus meletakkan semua kepentingan dirinya kepada Kristus, rela mati bagi Kristus, dan rela miskin melayani DIA dalam dunia. Mengikuti Yesus berarti siap menerima salib kehidupan dan setia memikulnya dengan keyakinan akan memperolah kebahagiaan kelak. Apakah kita juga setia memikul salib hidup kita masing-masing? Atau kita mudah menyerah dan putus asa ketika menghadapi kesulitan dan tantangan? Semoga kesaksian santa Klara dapat memberi inspirasi bagi kita.


Inilah perawan teladan,
selalu bernyala pelita imannya,
Inilah tanda orang beriman,
setia memikul salib hidupnya.


dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem rm.is


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Comment