Pelita Hati: 09.12.2017 – Sang Empunya Tuaian

Bacaan Matius 9:35-10:1.6-8

Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.” (Mat 9:36-38)

TANGGAL 26 November 2017 yang lalu Keuskupan Manokwari-Sorong mendapat tambahan dua imam diosesan atau praja yang baru ditahbis. Kini jumlah imam praja menjadi 18 imam. Angka yang jauh dari cukup untuk sebuah Keuskupan yang memiliki 27 tempat pelayanan (Paroki dan Pra Paroki) seluas wilayah Provinsi Papua Barat. Karenanya dukungan dari Ordo/tarekat dan Keuskupan lain masih sangat dibutuhkan.

Tercatat ada 4 imam ordo/tarekat yang membantu karya dan empat keuskupan (Semarang, Kupang, Ruteng dan Manado) yang memberikan tenaga imamnya untuk membantu pelayanan di keuskupan ini. Bahkan Keuskupan Agung Semarang (KAS) di tahun ini telah 25th mengirimkan tenaga imamnya ke keuskupan Manokwari-Sorong ini. Jika dijumlahkan seluruh imam yang berkarya menjadi 45 orang. Sekali lagi, jumlah yang jauh dari cukup untuk melayani umat paroki, seminari, lembaga pendidikan maupun pelayanan yang lain.

Karenanya pelita sabda hari ini menjadi relevan, mendorong kita untuk selalu memohon dan memohon agar Tuhan mengirimkan para pekerja-Nya di tempat ini. Ini berarti juga mengetuk hati para pimpinan ordo/tarekat dan para uskup untuk mengirimkan tenaga imamnya. Lebih dari itu, agar para orang tua merelakan anak-anaknya untuk menjadi pekerja di kebun anggur-Nya. Bukan hanya di tanah Papua tetapi juga di keuskupan maupun daerah lain yang kekurangan tenaga imam. Doa Anda, sahabat-sahabat Pelita Hati juga dinanti.

Goyang kiri goyang kanan,
putar ke kiri perlahan-lahan.
Smoga Engkau berkenan,
mengirimkan pekerja-Mu ya Tuhan.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm.is

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: