Bacaan Yohanes 16:12-15


Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. (Yoh 16:12-13)


Sahabat-sahabat pelita hati,


YESUS masih berbicara kepada para murid tentang pekerjaan Sang Penghibur,  yaitu Roh Kudus. Dialah yang akan memimpin dan membimbing para murid menuju ke dalam seluruh kebenaran. Keyakinan bahwa Roh membimbing hidup kita harus selalu dijaga,  dipelihara dan dipupuk. Dengan kata lain kita harus mebuka hati bagi Roh yang bekerja dalam diri kita. Membiarkan hidup dipimpin oleh Roh adalah sikap dasar seorang beriman yang selalu mengandalkan penyertaan Tuhan.


Sahabat-sahabat pelita hati,


Hidup kita bagaikan sebuah padang belantara yang luas tak berujung dan seperti hamparan lautan tak bertepi. Setiap dari kita harus menapaki padang perjuangan dan mengarungi samudera kehidupan itu. Sekali lagi, tak perlu kita takut dan khawatir karena Roh Allah yang menuntun kita dan mengarahkan kita ke mana harus menuju.


Dari Pati ke kota Kudus,
mampir Semarang membeli jamu.
Datanglah Roh Mahakudus,
penuhi hati kami dengan kasih-Mu.


dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm.Istoto


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Sumber: Sesawi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.