Pelita Hati: 08.09.2017 – Untuk Tuhan


Bacaan Matius 1:1-16.18-23


Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” — yang berarti: Allah menyertai kita. (Mat.1:23)


HARI ini Gereja  merayakan Pesta kelahiran Santa Perawan  Maria. Pesta ini dirayakan secara liturgis di dalam Gereja Katolik dan Gereja Ortodox setiap tanggal 8 September. Merenungkan Bunda Maria, kita seakan kehabisan kata-kata untuk melukiskan seluruh hidupnya. Karenanya Santo Yohanes Paulus II, ketika terpilih menjadi Paus, memilih moto kepausan “Totus tuus Maria” artinya segalanya milik Maria.


Sama seperti Maria yang membaktikan diri untuk Tuhan, demikian kita juga dipanggil untuk membaktikan diri seutuhnya kepada Tuhan. Warta sabda hari ini juga menyajikan keluarga kudus (Yesus-Maria-Yosef). Yesus adalah Anak yang mempersatukan Maria dan Yusuf. Yusuf adalah figur yang setia menerima Maria apa adanya karena ia taat kepada kehendak Allah dan Ketaatan Maria pun takterbantahkan lagi. Semoga kita pun mampu meneladan keutamaan Keluarga Kudus Nazareth  serta membaktikan hidup seluruhnya  bagi Tuhan.


Cuaca teduh biru lautan,
indah nian karya agung Tuhan.
Keluarga Kudus adalah teladan,
bagi setiap orang beriman.


dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem rm.is


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: