Bacaan Yohanes 16:5-11 

Tetapi sekarang Aku pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku, dan tiada seorang pun di antara kamu yang bertanya kepada-Ku: Ke mana Engkau pergi? Tetapi karena Aku mengatakan hal itu kepadamu, sebab itu hatimu berdukacita. Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; (Yoh 16:5-8)

Sahabat pelita hati,

SELALU ada perasaan sedih yang teramat mendalam jika kita ditinggalkan atau meninggalkan orang yang sangat dikasihi. Barangkali ada yang menjadi galau dan tak mudah move on, apalagi jika kepergian itu mendadak. Sadar bahwa

kebersamaan-Nya dengan para murid di dunia akan segera berakhir, Tuhan Yesus pun memberi tahu mereka. Namun karena tak hendak menghentikan cinta dan penyertaan-Nya, maka Ia menjanjikan seorang penolong (bhs. Yunani: parakletos) atau juga disebut Sang Penghibur. Dialah Pribadi yang dijanjikan Tuhan untuk menolong dan menyertai para murid. Dengan kata kain, kenaikan-Nya ke surga tidak membatalkan janji penyertaan-Nya. Ia tetap menyertai para murid bukan secara fisik tetapi melalui Roh Kudus. Roh inilah yang hingga kini terus berkarya menyertai Gereja dan memampukan kita berani untuk hidup walau berhadapan dengan beragam tantangan kehidupan.

Sahabat pelita hati,

Jika sekarang kita masih mampu tegak berdiri, itu karena maha daya Roh-Nya. Jika sekarang kita tetap bersemangat menjalani kehidupan, itu pun berkat penyertaan Roh-Nya. Semoga kita makin bersemangat dalam menjalani hidup karena Roh-Nya selalu beserta kita.

Wajah mulus putih dan bersih,
lentik indah jemari tanganmu.
Ya Roh Kudus, Roh cinta kasih,
penuhi kami dengan kasih-Mu.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Sumber: Sesawi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.