Bacaan Yohanes 15:9-17

Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain. (Yoh 15:16-17)

KITA masih merenungkan tema utama pewartaan dan pengajaran Yesus tentang perintah untuk saling mengasihi. Sekurangnya ada empat (4) pokok yang tersurat dalam pelita sabda ini, pertama, Tuhan yang memilih,  kedua, Tuhan yang mengutus, ketiga, agar kita menghasilkan buah, dan keempat, perintah agar saling mengasihi.

Sahabat-sahabat terkasih,

Yang harus disadari, apapun tugas, pekerjaan dan panggilan kita, Tuhan telah memanggil dan memilih kita bergabung dalam kawanan domba-Nya. Bukan karena usaha kita tetapi Allah lah yang memilih kita. Ini berarti panggilan yang kita hidupi adalah berasal dari kehendak-Nya yang kudus. Karenanya kita tak boleh mempermainkan panggilan hidup, apa pun itu. Tuhan jugalah yang mengutus kita pergi agar hidup kita menghasilkan buah, yakni buah kebaikan dan keutamaan. Dengan kata lain, setiap dari kita -tanpa kecuali,- dengan caranya masing-masing harus menghasilkan hidup yang bermakna dan berdaya guna bagi kebaikan sesama. Dan akhirnya,  Tuhan memerintahkan agar kita selalu mengenakan kasih alias saling mengasihi satu dengan yang lain.  Hidup yang didasarkan kasih itulah yang akan berbuah kebaikan. Apakah kita sudah mengasihi di hari ini? Semoga kita mampu menampilkan diri sebagai pribadi-pribadi terpilih yang selalu menebarkan kasih dalam setiap tapak dan langkah hidup kita.

Jangan bosan membaca buku,
asah pikiran perkaya ilmu.
Ya Tuhan mampukan aku,
melaksanakan ajaran kasih-Mu.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm. Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Sumber: Sesawi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.