Pelita Hati: 06.04.2018 – Hadir-Nya Membawa Gembira


Bacaan Yohanes 21:1-14


KINI kita berjumpa dengan kisah Yesus menampakkan diri untuk yang ketiga kalinya, sesuai dengan yang dicatat oleh penginjil Yohanes. Bila kita amati dengan seksama kehadiran Tuhan atau penampakan diri-Nya kepada para murid selalu membawa berkah gembira. Yang semula kehilangan harapan kemudian memiliki harapan, yang semula takut dan kalut kemudian berani bersaksi. Ingatlah kisah ketika Tuhan menampakkan diri untuk pertama kalinya kepada Maria Magdalena. Maria begitu gembira dan dengan serta merta mengabarkan peristiwa itu kepada Petrus dan murid lainnya. Demikian juga ketika Tuhan menampakkan diri kepada dua orang murid yang berjalan menuju Emaus. Mereka yang semula lesu dan gelap hatinya kemudian mengalami pencerahan hidup dan kegembiraan hati. Mereka seakan tak ada rasa lelah dan capai dan segera bergegas ke kota untuk kepada keduabelas murid bahwa Tuhan sungguh-sungguh telah bangkit. Inilah buah-buah kebangkitan. Dengan kata lain peristiwa kebangkitan Yesus membawa perubahan yang luar biasa bagi hidup murid-murid-Nya.


Sahabat-sahabat pelita hati,


peristiwa kebangkitan Yesus ini  memberi pengharapan bahwa orang yang bertekun dalam kesetiaan kepada Tuhan akan dimampukan untuk menjadi saksi kebangkitan-Nya dalam hidup sehari-hari. Seperti para murid yang merasakan campur tangan Tuhan, begitu jugalah kita merasakan kehadiran Tuhan dalam setiap langkah hidup kita. Kesetiaan kita kepada Tuhan memang sering diuji dengan beragam tantangan. Dan kebangkitan Yesus akhirnya menjadi kekuatan serta pengharapan bagi yang percaya dan bertekun dalam iman. Semoga dengan perayaan paskah kebangkitan Tuhan kita semakin teguh dalam beriman dan semangat mewartakan kebaikan-Nya.


Sia-sialah iman kita,
jika Tuhan tak bangkit mulia,
Wartakan kabar suka cita,
hingga ke ujung dunia.


dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm.istoto


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Sumber: Sesawi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply